4 Tips Mengatasi Wajah Berminyak, Salah Satunya Jangan Terlalu Sering Cuci Muka

4 Tips Mengatasi Wajah Berminyak, Salah Satunya Jangan Terlalu Sering Cuci Muka

Tips Mengatasi Wajah Berminyak--

RADAR TEGAL – Bagi Anda yang memiliki wajah berminyak, tentu ingin mengetahui bagaimana tips mengatasi wajah berminyak. Untuk itu, simak ulasan ini sampai selesai, ya.

Wajah berminyak terkadang dapat mengganggu aktivitas dan menurunkan rasa kepercayaan diri Anda bukan. Dengan mengetahui tips mengatasi wajah berminyak berikut ini, Anda bisa meminimalisir kulit berminyak pada wajah Anda.

Ada pun tips mengatasi wajah berminyak dapat Anda lakukan dengan rutin mencuci wajah hingga menempelkan kertas minyak khusus wajah. Wajah berminyak sendiri terjadi ketika kulit wajah menghasilkan terlalu banyak sebum atau minyak, sehingga kulit terlihat lebih mengkilap dan berkilau.

Meskipun minyak tersebut memiliki manfaat untuk menjaga elastisitas dan kelembapan kulit Anda, tetap saja hal-hal yang berlebihan tentu tidak baik bukan. Berikut ini tips mengatasi wajah berminyak.

BACA JUGA: Manfaat Merendam Wajah Pakai Es Batu Sebelum Makeup Ala Jennie Blackpink, Bikin Tampil Lebih Flawless

Tips mengatasi wajah berminyak

1. Mencuci Wajah Secara Rutin Tapi Jangan Terlalu Sering

Cara mengatasi wajah berminyak yang paling umum dilakukan yakni dengan mencuci wajah secara rutin sebanyak 2 kali sehari yakni pada pagi dan malam hari. Anda juga bisa mencuci muka setelah berkeringat banyak seperti habis berolahraga, ya.

Namun perlu Anda ingat bahkan jangan membersihkan wajah secara berlebihan karena dapat membuat kulit Anda menghasilkan minyak berlebih. Oleh karena itu, lakukan maksimal 2 hingga 3 kali  saja dalam sehari, ya.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sabun pencuci wajah yang berbahan lembut serta hindari menggosok wajah terlalu keras supaya tidak terjadi iritasi.

2. Menggunakan Toner

Setelah selesai mencuci wajah, Anda bisa menggunakan toner. Penggunaan toner ini berfungsi untuk membantu Anda dalam mengangkat sisa kotoran atau pun make up yang masih tertinggal.

BACA JUGA: Cara Buat Sheet Mask untuk Kulit Kering di Rumah, Wajah Auto Lembab Seharian

Tidak hanya itu, penggunaan toner juga dapat menghilangkan minyak berlebih sehingga pori-pori pada wajah Anda tidak tersumbat. Anda dapat memilih toner dengan kandungan witch hazel, asam sitrat, atau pun asam salisilat yang efektif dalam mengatasi kulit berminyak.

3. Gunakan Pelembap Khusus untuk Kulit Berminyak

Beberapa orang beranggapan bahwa orang dengan kulit wajah berminyak tidak perlu menggunakan pelembap supaya kulit tidak semakin berminyak. Faktanya, pelembap tetap dibutuhkan supaya kulit wajah Anda  tetap terhidrasi, lho.

Namun, supaya kulit wajah Anda tidak semakin berminyak. Maka pilihlah pelembap dengan kandungan bebas minyak supaya tidak menyumbat pori-pori yang justru dapat menimbulkan munculnya jerawat, ya.

Penggunaan pelembap ini dapat Anda aplikasikan ketika kulit wajah Anda sudah dalam keadaan bersih, ya.

BACA JUGA: Manfaat Mugwort untuk Kulit Wajah, Bisa Menenangkan Kulit yang Sensitif?

4. Gunakan Sunscreen untuk Wajah Berminyak (nonkomedogenik)

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, tentu tidak akan lepas dengan sunscreen bukan. Nah, bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak maka ada baiknya menggunakan sunscreen berlabel nonkomedogenik atau tidak mengandung bahan yang menyebabkan pori-pori tersumbat.

Pastikan juga tabir surya yang Anda gunakan memiliki SPF minimal 30 serta diperkaya dengan zinc oxide dan titanium diioxide untuk dapat menangkal paparan sinar matahari ke kulit, ya. Umumnya, sunscreen untuk wajah berminyak tersedia dalam gel atau spray supaya lebih cepat meresap.

Demikian ulasan mengenai bagaimana tips mengatasi wajah berminyak. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: