Rekomendasi Tekanan Ban Mobil Sesuai Medan Jalan, Wajib Tahu Nih!

Rekomendasi Tekanan Ban Mobil Sesuai Medan Jalan, Wajib Tahu Nih!

OTOMOTIF- Tekanan ban mobil sesuai medan jalan dapat meminimalisir resiko kurangnya grib yang mengakibatkan selip.-(Foto Pinterest)--

RADAR TEGAL - Hai, Guys! Pernahkah kamu merasakan sensasi menegangkan saat mobilmu oleng di tikungan tajam atau saat melewati jalanan berlubang? Jangan panik dulu! Kemungkinan besar, hal tersebut terjadi karena tekanan ban mobilmu tidak sesuai dengan medan jalan yang dilalui.

Sebagai anak muda, kamu tentu sering menjelajahi berbagai medan jalan, mulai dari jalanan mulus di kota hingga tanjakan terjal di pegunungan. Nah, tahukah kamu bahwa tekanan ban mobil sesuai untuk setiap medan itu berbeda-beda?

Tekanan ban yang tepat tidak hanya membuat mobilmu lebih stabil dan nyaman dikendarai, tapi juga menjaga keawetan ban dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Jadi, penting banget nih buat kamu pahami rekomendasi tekanan ban yang sesuai dengan medan jalan.

Yuk! simak artikel berikut ini untuk membahas beberapa tipe tekanan ban mobil sesuai untuk berbagai macam medan jalan.

BACA JUGA: Keunggulan All New Toyota Avanza 2024, Mobil Keluarga yang Memancarkan Nuansa Modern Bikin Mempesona di Jalan

1. Jalanan kota yang mulus

Tekanan ban ideal sesuai dengan standar tekanan ban yang tertera di buku manual mobilmu. Tekanan ini biasanya berkisar antara 28-33 psi.

Alasan tekanan ban mobil sesuai standar ini membantu mobilmu melaju dengan stabil dan irit bahan bakar di jalanan yang rata dan halus. Mengapa demikian? Karena pada jalanan yang mulus, gesekan antara ban dan permukaan jalan relatif kecil.

Tekanan ban yang sesuai standar memberikan fleksibilitas yang cukup bagi ban untuk mengikuti kontur jalanan, sehingga mobilmu dapat melaju dengan mulus dan irit bahan bakar.

2. Jalanan berliku dan menanjak

Tekanan ban ideal adalah naikkan tekanan ban 2-3 psi dari standar. Karena saat kamu melewati jalanan berliku dan menanjak, mobilmu membutuhkan cengkeraman yang lebih kuat di permukaan jalan.

Tekanan ban yang lebih tinggi akan membuat ban lebih kaku, sehingga meningkatkan traksi dan mencegah slip.

Hal ini penting, terutama saat kamu bermanuver di tikungan tajam atau mendaki tanjakan curam. Tekanan ban yang lebih tinggi juga membantu mendistribusikan beban mobil secara lebih merata, sehingga ban tidak mudah aus dan robek.

BACA JUGA: Dua Kali Penyegaran, Mobil Chevrolet Captiva Bekas Pilihan Paling Ideal Harga di Bawah Rp100 Juta

Sumber: