Bongkar 6 Penyebab Utama Motor Matic Ngos-ngosan saat Menaklukan Tanjakan, Solusinya Gampang Banget

Bongkar 6 Penyebab Utama Motor Matic Ngos-ngosan saat Menaklukan Tanjakan, Solusinya Gampang Banget

Bongkar 6 Penyebab Utama Motor Matic Ngos-ngosan Saat Menaklukan Tanjakan, Solusinya Gampang Banget--Image By Kompas Otomotif Then Edited Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Sedang asyik-asyiknya healing ke wisata alam menggunakan motor matic, tiba-tiba akselerasinya terasa berat dan ngos-ngosan saat di tanjakan. Mungkin Anda harus baca artikel ini sampai habis agar tahu penyebabnya.

Sepeda motor matic atau skutik menjadi salah satu jenis motor yang popularitasnya sangat masif di Indonesia. Dibandingkan motor bertransmisi konvensional atau manual, skutik lebih menawarkan pengalaman berkendara yang simpel.

Karena perihal tersebutlah, motor matic banyak dibeli oleh firs buyer serta sebagian besar orang yang baru belajar menggunakan motor. Sayangnya motor matic memiliki beberapa kekurangan yang membuatnya tidak bisa melakukan bebepa hal.

Salah satunya adalah keterbatasannya dalam menaklukan medan menanjak yang jika dipaksakan dapat membuat mesin motor matic mati mendadak.

BACA JUGA: Lebih Tangguh Dari BeAT Street, Yamaha X-Ride 125 Hadir Kombinasikan Tema Adventure Dengan Teknologi Blue Core

Karena itu, pada pembahasan kali ini, Radar Tegal berusaha untuk membongkar penyebab motor bertansmisi matic sulit menaklukan jalan menanjak.

Penyebab motor matic ngos-ngosan ketika dipaksa menanjak

Mengutip informasi dari berbagai media otomotif salah satunya dari video chanel YouTube Andrea Varenz, ada 6 hal yang berkemungkinan menjadi penyebab utama skutik sulit tidak kuat menanjak.

1. Tidak Dirancang Untuk Melalui Tanjakan Ekstrim

Kebanyakan sepeda motor bertransmisi matic hanya dirancang untuk penggunaan di jalanan datar atau biasa disebut dengan city ride. Skutik tidak dirancang untuk tanjakan ekstrim, dapat dilihat dari penggunaan transmisi matic yang berbeda dengan motor konvensional.

Selain itu, matic juga berbeda dengan motor kopling manual, di mana matic tidak memiliki gigi perseneling yang dapat diatur guna mendapatkan torsi yang lebih besar untuk menanjak.

BACA JUGA: All New Honda PCX 175 2024, Punya Fitur Keselamatan ESP+ dan Desain Futuristik yang Memukau

2. Settingan

Settingan motor matic yang meninggikan akselerasi atau top speednya, umumnya memiliki kekurangan tenaga di putaran bawah sehingga sulit untuk menanjak.

Sumber: