Pj Walikota Tegal Ajak Masyarakat Perkuat Kerukunan Antar Umat Beragama

Pj Walikota Tegal Ajak Masyarakat Perkuat Kerukunan Antar Umat Beragama

Pj Walikota Tegal menghadiri halal bi halal FKUB--

RADAR TEGAL - Pj Walikota Tegal Dadang Somantri menghadiri halal bi halal Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), Selasa 7 Mei 2024 siang. Pada kesempatan itu, dirinya berharap agar masyarakat memperkuat kerukunan antar umat beragama.

Dalam sambutannya Pj Walikota Tegal mengatakan mengimbau para pemuka agama yang untuk selalu berkoordinasi dan berkomunikasi. Serta menurunkan pandangan-pandangan ekstrim masyarakat yang berpotensi menimbulkan perpecahan.

Dadang menambahkan, kerukunan antar umat beragama harus dijaga terus. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah segera jalin komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait.

"Jika ada informasi-informasi awal yang berpotensi memecah belah persatuan, harus segara di infokan dan segera ditindak lanjuti," ujarnya.

BACA JUGA: Pj Walikota Tegal Minta Ormas Turut Mendinginkan Suhu Politik Jika Sedang Naik

Dadang berharap pertemuan dengan para pemuka agama pada giat tersebut bisa menjadi bahan literasi untuk disampaikan ke umat masing-masing. Bahwa hidup di bangsa yang diperjuangkan secara bersama-sama dalam mencapai kemerdekaan dan sudah selayaknya menjaga kemerdekaan dengan kerukunan, berbahagia dalam beragama.

Ketua FKUB, Firdaus Muhtadi mengungkapkan, dalam menjalankan ibadah masing-masing agama mengedepankan toleransi. Seperti, bagaimana Islam bisa berkembang pesat di Indonesia dan tetap rukun dikarenakan Islam di Indonesia di sebarkan dengan cara damai, pendekatan yang digunakan adalah pendekaran budaya dan tradisi.

"Saya berharap, masing-masing umat beragama meskipun berbeda keyakinan bisa berjalan bersama-sama berdampingan dalam kerukunan. Setelah Kota Tegal memiliki Perda Kerukunan Umat Beragama agar Pemerintah Kota selaku badan eksekutif bisa menambahkan pengurus RT dan RW satu seksi yakni Seksi Kerukunan Umat Beragama," tandasnya. (*)

Sumber: