5 Cara Atasi HP Overheat agar Tidak Rusak, Pengguna Android dan iPhone Bisa Coba

5 Cara Atasi HP Overheat agar Tidak Rusak, Pengguna Android dan iPhone Bisa Coba

5 cara atasi HP overheat agar tidak rusak-freepik-

5 cara atasi HP overheat agar tidak rusak

1. Menggunakan kipas angin

Solusi mengatasi HP panas bisa dengan menggunakan kipas angin. Anda bisa meletakan ponsel di depan kipas agar suhunya segera mereda. Cara ini merupakan cara paling mudah yang biasa dilakukan orang-orang. 

2. Jangan masukan kulkas atau lemari pendingin

Suhu yang terlalu panas pada HP bisa membuatnya cepat rusak dan membuat komponen di dalamnya bermasalah. Namun, jangan sesekali memasukan ponsel Anda ke lemari pendingin untuk segera menyejukannya. Lebih baik gunakan kipas angin saja.

3. Copot case ponsel

Cara atasi HP overheat agar tidak rusak berikutnya dengan melepas case yang terpasang. Apalagi jika Anda menggunakan bahan case atau pelindung yang menyerap panas.

BACA JUGA: Cara Perbaiki Volume HP yang Naik Turun Sendiri, Cukup Lakukan Beberapa Langkah Ini

Justru yang ada ponsel akan lebih lama kembali ke suhu normal. Sebab, suhu panasnya terjebak akibat pelindung ponsel yang digunakan.

4. Matikan bluetooth 

Jika Anda sedang menggunakan fitur bluetooth, segeralah matikan sementara agar ponsel bisa segera kembali ke suhu normal. Sebab, bluetooth membuat ponsel jadi terus bekerja memindai sesuatu sehingga menguras baterai yang berujung membuat HP panas.

Solusi jika HP panas bisa dengan menghidupkan mode pesawat dulu untuk sementara. Sebab, pencarian sinyal juga bisa mempengaruhi ponsel yang terus melakukan pemindaian seperti bluetooth.

5. Jangan letakan HP di perangkat elektronik lain

Cara atasi HP overheat agar tidak rusak selanjutnya dengan jangan mendekatkan ponsel ke perangkat elektronik lainnya. Entah itu tablet, laptop, televisi, dan sebagainya yang bisa rentan membuat panas berlebihan apalagi disimpan di tempat tertutup seperti di dalam tas.

BACA JUGA: Cara Perbaiki Keyboard HP Android Tidak Muncul dengan Mudah, Tenang dan Ikuti Tipsnya Berikut Ini

Sumber: