5 Cara Atasi HP Overheat agar Tidak Rusak, Pengguna Android dan iPhone Bisa Coba

5 Cara Atasi HP Overheat agar Tidak Rusak, Pengguna Android dan iPhone Bisa Coba

5 cara atasi HP overheat agar tidak rusak-freepik-

RADAR TEGAL – Artikel ini mengulas 5 cara atasi HP overheat agar tidak rusak, baik untuk android maupun iPhone. Biasanya ada beberapa hal yang membuat ponsel terasa panas dan tentunya bisa berdampak buruk untuk kesehatan ponsel jangka panjang.

Cara atasi HP overheat agar tidak rusak ini sangat mudah tanpa perlu Anda bawa ke tempat servis. Tindakan ini bisa dilakukan sebagai langkah-langkah awal agar mencegah ponsel terkena masalah lainnya karena terlalu panas.

Selain membahas cara atasi HP overheat agar tidak rusak, artikel ini juga membahas apa saja penyebab yang biasanya membuat ponsel panas. Tujuannya, agar Anda bisa mencegah hal-hal yang jadi pemicu rusaknya ponsel secara keseluruhan.

Di bawah ini simak 5 cara atasi HP overheat agar tidak rusak. Simak juga sejumlah penyebabnya yang sering dialami pengguna smartphone, baik Android atau iPhone.

Penyebab HP cepat panas

Anda perlu tahu beberapa hal yang bisa membuat HP cepat panas atau overheat. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, tentu bisa mengganggu kinerja ponsel secara keseluruhan dan merusak baterai ponsel. 

BACA JUGA: Cara Merawat HP Agar Awet Tidak Lemot Hingga Bertahun-tahun, Ternyata Sangat Mudah dan Simpel

Berikut di antaranya faktor yang membuat HP cepat panas.

1. Ada bug pada sistem operasi ponsel atau suatu aplikasi, sehingga terus bekerja di latar belakang. Hal ini membuat ponsel terasa panas dan baterai juga cepat terkuras.

2. Digunakan main game atau hal lainnya terlalu lama secara nonstop. Suatu aplikasi yang berat butuh RAM yang besar sehingga akan bekerja lebih keras dalam menjalankan aplikasi tersebut.

3. Menggunakan ponsel selama mengisi daya juga jadi penyebab paling sering membuat kesehatan baterai bermasalah. Selain merusak ponsel, risiko keselamatan juga perlu diperhatikan karena ponsel sedang dialiri listrik.

4. Isi daya dengan charger palsu alias bukan produksi resmi merk terkait bisa membuat HP juga cepat panas. Bahkan, salah memilih charger bisa berisiko membuat ponsel meledak.

BACA JUGA: Tips Merawat Handphone Supaya Tidak Cepat Rusak dan Awet, Salah Satunya Kontinyu Hapus Cache

5. Penyebab yang membuat ponsel overheat juga disebabkan tingkat kecerahan yang diatur terlalu tinggi. Hal ini membuat baterai cepat berkurang dan membuat penglihatan juga kurang nyaman.

Sumber: