Rem Bermasalah, Truk Muat Eksavator Terguling di Flyover Kretek Brebes dan Menyambar Kabel Telkom

Rem Bermasalah, Truk Muat Eksavator Terguling di Flyover Kretek Brebes dan Menyambar Kabel Telkom

TERGULING- Karena bermasalah dengan remnya, sebuah truk muat eksavator terguling di Flyover Kretek Desa Taraban Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, pada Selasa, 23 April 2024. -Teguh Supriyanto-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Gara-gara rem bermasalah, sebuah truk muat eksavator terguling di Flyover Kretek Desa Taraban Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, pada Selasa, 23 April 2024. Rupanya truk tersebut pecah saluran rem sehingga kehilangan kontrol.

Sukhemi, 35, pengendara sepeda motor yang ada di sekitar lokasi, mengaku sempat kaget mendapati truk muat eksavator yang tiba-tiba mundur lalu terguling di sisi jalan tersebut. Dirinya  mengaku sempat mendengar suara ledakan, berasal dari roda truk yang pecah ketika terguling.

"Beruntung kendaraan lain di belakang berada cukup jauh jaraknya, termasuk saya. Sehingga tidak sampai menabrak truk tersebut," tuturnya.

Sementara petugas kepolisian dari Pos Lalu Lintas Bumiayu, melakukan pengamanan lokasi kejadian. Evakuasi truk muat eksavator yang terguling dilakukan menunggu alat berat untuk prosesnya.

BACA JUGA: Minibus dan Truk Kecelakaan di Tol Kanci-Pejagan Brebes, 3 Orang Meninggal Dunia

Pengemudi truk muat eksavator yang terguling, Akhmad, 56 tahun mengakui rem kendaraannya bermasalah. Saat itu, dirinya tengah melaju dari arah utara hendak menaiki Flyover Kretek, bermaksud untuk memindahkah posisi gigi ke yang lebih rendah.

"Karena mau naik, saya pindah ke gigi rendah. Tapi ketika injak rem, tidak kuat dan pecah salurannya," kata Akhmad.

Akhmad sempat memerintahkan kernet yang mendampinginya, untuk mengganjal roda, tetapi tidak berhasil. Truk yang muat eksavator miliknya terus melaju mundur, tanpa dapat dikendalikan.

"Khawatir di belakang ada kendaraan lain, akhirnya saya arahkan truk mundur ke sisi kanan menyeberangi jalur," ungkapnya.

BACA JUGA: Pengakuan Sopir Dump Truk Kecelakaan Maut Terguling di Flyover Dermoleng Brebes

Upaya itu bisa menghindari terjadinya tabrakan dengan kendaraan lain. Namun akibatnya truk muat eksavator terguling di sisi jalan dan sempat menyambar kabel jaringan Telkom. (*)

Sumber: