5 Ciri-Ciri Oli Motor Matic Harus Diganti, Selalu Lakukan Ini

5 Ciri-Ciri Oli Motor Matic Harus Diganti, Selalu Lakukan Ini

Ciri-Ciri Oli Motor Matic Harus Diganti.--

RADAR TEGAL – Bagi pengguna motor matic khususnya perempuan, maka perlu mengetahui ciri-ciri oli motor matic harus diganti sebagai berikut.

Mengetahui ciri-ciri oli motor matic harus diganti tentu menjadi hal penting. Hal ini karena, menjaga kesehatan mesin merupakan suatu upaya untuk memastikan kinerja motor Anda tetap optimal.

Oli sendiri berfungsi sebagai pelumas dan membantu dalam menjaga suhu mesin supaya tetap stabil. Berikut ini ciri-ciri oli motor matic harus diganti.

Langsung saja, berikut ini 5 ciri-ciri oli motor matic harus diganti, sehingga Anda dapat memastikan bahwa mesin motor tetap sehat dan terjaga dengan baik.

BACA JUGA: Risiko Telat Ganti Oli Motor, Cewek Harus Tahu karena Harga Servis tak Semurah Harga Seblak

Ciri-Ciri Oli Motor Matic Harus Diganti

1. Konsistensi oli berubah

Tahukah Anda bahwa konsistensi oli yang berubah dapat menunjukkan bahwa oli pada motor Anda perlu diganti.

Sebab, oli baru seharusnya memiliki konsistensi yang relatif kental dan mudah mengalir. Namun, seiring berjalannya waktu, maka oli dapat kehilangan sifat pelumasnya karena sudah terkontaminasi dengan partikekl kotoran dan karbon yang terbentuk dari pembakaran mesin.

Hal tersebut tentu menyebabkan konsistensi oli akan menjadi lebih tipis dan mudah mengalir yang bisa mengurangi efetivitas dalam melumasi mesin.

2. Warna oli motor sudah kotor

Ciri-ciri oli motor matic harus diganti berikutnya yakni warna oli sudah kotor. Sebab, warna oli yang baru diklaim bening dan kecokelatan.

BACA JUGA: 3 Tanda Oli Motor Matic Sudah Nyerah Minta Diganti, Jangan Nunggu Lama Resikonya Bahaya

Namun, apabila oli pada motor Anda sudah kotar yakni terlihat gelap atau bahkan hitam. Hal tersebut menunjukkan bahwa oli sudah kotor dan perlu Anda ganti.

Dengan warna oli yang gelap bahkan hitam, maka menandakan bahwa oli sudah terkontiminasi oleh partikel kotoran, karbon, dan metal yang terkikis pada bagian mesin pada saat terjadi gesekan antar komponen.

Hal tersebutlah yang menunjukkan bahwa oli sudah tidak mampu lagi menjaga mesin dengan baik, sehingga harus segera Anda ganti dengan yang baru.

3. Kinerja motor matic menurun

Apabila motor Anda tiba-tiba tidak bertenaga seperti biasa atau terasa lebih berat atau lambat. Hal tersebut menunjukkan bahwa oli sudah kotor atau perlu Anda ganti.

BACA JUGA: Rekomendasi 3 Oli Motor Matic, untuk Pemakaian Perjalanan Jauh atau Mudik

4. Bunyi mesin motor matic tidak biasa

Tahukah Anda bahwa bunyi mesin yang tidak biasa juga  menjadi ciri-ciri motor harus ganti oli secepatnya, lho.

Karena, oli berfungsi sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan antar komponen mesin dan mencegah kerusakan yang dapat menyebabkan suara tidak normal.

Namun, apabila oli sudah kotor atau kurang, pelumasan mesin bisa terganggu dan menyebabkan suara berisik.

Bunyi mesin yang tidak biasa bisa berupa suara berderak atau berdecit ketika mesin berputar. Jika Anda mendengar bunyi seperti itu, sebaiknya segera periksa kondisi oli dan ganti jika diperlukan.

BACA JUGA: Rekomendasi Oli Motor Matic yang Siap Meningkatkan Performa dan Perlindungan Mesin Motor

5. Waktu penggantian oli motor

Penggantian oli secara rutin sangat penting untuk Anda lakukan demi menjaga kesehatan mesin motor Anda.

Apabila waku penggantian oli sudah telampaui, maka dapat menunjukkan bahwa oli sudah terlalu lama Anda gunakan dan perlu Anda ganti.

Demikian ulasan mengenai  ciri-ciri oli motor matic harus  diganti. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: