Tips Memilih Oli Motor yang Tepat, Panduan Lengkap untuk Kendaraanmu

Tips Memilih Oli Motor yang Tepat, Panduan Lengkap untuk Kendaraanmu

Berikut tips memilih oli motor yang tepat.-(Ilustrasi Pinterest)--

RADAR TEGAL - Oli bagaikan darah bagi mesin motor. Memilih oli yang tepat ibarat memilih nutrisi terbaik untuk tubuh. Tips memilih oli motor yang tepat dapat menjaga performa mesin, memperpanjang usianya, dan memberikan pengalaman berkendara yang optimal.

Banyak dari kita yang jarang mengetahui beberapa tips memilih oli motor, terlebih banyak sekali pilihan oli yang beredar. Kecocokan oli dapat msangat mempengaruhi kinerja mesin itu sendiri.

Dengan tips memilih oli motor yang tepat, kita dapat memperoleh manfaat dari oli yang sesuai dengan kriteria mesin dan penggunaan kita. Sebab itu kami telah merangkum hal ini didalam artikel. 

Ulasan tips memilih oli motor ini disusun untuk membantumu dalam menyesuaikan tipe oli mana yang cocok untuk mesinmu. Jadi, simak sampai akhir yaa.

BACA JUGA: Jangan Asal Ganti, Ini 5 Oli Terbaik untuk Motor Matic Injeksi yang Telah Teruji Performanya dan Murah

Kenali kapasitas mesin motor

Langkah pertama tips memilih oli motor yang krusial adalah memahami kapasitas mesin motor. Informasi ini bisa kamu temukan di buku panduan pemilik kendaraan atau pada stiker yang tertempel di bagian mesin.

Kapasitas mesin diukur dalam satuan cc (centimeter kubik) dan merupakan faktor penting dalam menentukan oli yang tepat.

Pahami Viskositas oli (SAE)

Viskositas oli mengacu pada tingkat kekentalannya, yang memengaruhi kemampuannya mengalir dan melumasi mesin. Viskositas oli diukur menggunakan standar SAE (Society of Automotive Engineers) dan dinyatakan dengan dua angka dan huruf "W".

Angka di depan "W" menunjukkan tingkat kekentalan oli pada suhu dingin, sedangkan angka di belakangnya menunjukkan tingkat kekentalan oli pada suhu panas.

BACA JUGA: Risiko Telat Ganti Oli Motor, Cewek Harus Tahu karena Harga Servis tak Semurah Harga Seblak

  • Oli encer (angka rendah)

Cocok untuk cuaca dingin atau mesin baru. Oli encer mengalir lebih mudah pada suhu dingin, sehingga membantu pelumasan mesin dengan cepat saat pertama kali dihidupkan.

  • Oli kental (angka tinggi)

Cocok untuk cuaca panas atau mesin dengan jarak tempuh tinggi. Oli kental mempertahankan kekentalannya lebih baik pada suhu tinggi, sehingga memberikan perlindungan yang lebih baik pada mesin yang bekerja keras.

Sumber: