7 Tips Memilih Mobil Matic Bekas untuk Pemula, Cek Dulu Beberapa Komponen Ini

7 Tips Memilih Mobil Matic Bekas untuk Pemula, Cek Dulu Beberapa Komponen Ini

Ilustrasi. 7 tips memilih mobil matic bekas untuk pemula-freepik-

3. Cek Tuas Transmisi

Tips memilih mobil matic bekas untuk pemula berikutnya memeriksa bagian tuas transmisi. Pastikan tuasnya bisa digerakan dengan baik dan tidak keras. Jangan lupa juga cek apakah tuas kokoh atau ada kendala.

4. Cek Perpindahan Posisi Transmisi

Komponen mobil matic bekas yang harus diperiksa lainnya masih di bagian transmisi, yaitu perpindahan posisinya. Anda bisa hidupkan dulu mesin dan injak pedal rem.

Lakukan perpindahan tuas transmisi ke semua posisi. Pastikan semua bisa berjalan lancar tanpa ada sendatan yang tidak wajar.

5. Cek Indikator Transmisi Matic

Masih pada transmisinya, jangan lupa cek indikator transmisi matic mobil. Anda harus pastikan bahwa posisi transmisi sesuai dengan indikator yang ada di dashboard mobil. Sebab, jika tidak maka bisa jadi ada masalah di switch inhibitor mobil.

BACA JUGA: Bikin Repot dan Gabut, Berikut Merk Mobil yang Sering Overheat, Pelajari Penyebabnya di Sini

6. Tes Creeping

Tips memilih mobil matic bekas untuk pemula tidak luput dengan melakukan tes creeping. Tujuannya agar Anda tahu apakah mobil bisa berjalan pelan atau merayap, tanpa menginjak gas. Anda bisa tes untuk transmisi posisi Drive dan Reverse.

7. Test Drive

Terakhir, cara membeli mobil matic bekas yang tepat tentunya dengan tidak melupakan test drive. Anda harus perhatikan kondisi mobil ketika di gas secara penuh maupun saat melakukan perpindahan gigi apakah lembut atau ada hentakan.

Penutup

Beberapa hal di atas merupakan bagian atau komponen apa saja yang harus dicek sebelum membeli mobil matic bekas. Selain itu, pastikan agar Anda juga memeriksa sejumlah fitur mobil, seperti pengereman, fitur-fitur hiburan, dan fitur keselamatannya.

Demikian 7 tips memilih mobil matic bekas untuk pemula. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Sumber: