Alasan dan Manfaat Mematikan AC Mobil saat Banjir, Salah Satunya Meminimalisasi Potensi Percikan Api

Alasan dan Manfaat Mematikan AC Mobil saat Banjir, Salah Satunya Meminimalisasi Potensi Percikan Api

BANJIR - Mematikan AC mobil saat banjir adalah tindakan pencegahan yang sangat penting untuk melindungi kendaraan dan keselamatan Anda.-(Foto: Istimewa)-

RADAR TEGAL - Mengemudikan mobil di tengah-tengah hujan deras atau musim banjir adalah tantangan tersendiri bagi setiap pengemudi. Lalu apa manfaat dari mematikan AC mobil saat banjir? 

Selain harus berhadapan dengan genangan air yang tak terduga, risiko kerusakan pada komponen kendaraan pun meningkat drastis. Salah satu caranya adalah mematikan AC mobil saat banjir. 

Di antara sekian banyak bagian mobil yang rentan terkena dampak negatif dari banjir, AC mobil adalah salah satu yang paling penting. Ada yang menyarankan mematikan AC mobil saat banjir.

Oleh karena itu, mematikan AC mobil saat banjir cukup penting. Mari kita cari tahu alasan serta bahaya yang terkait dengan keputusan ini, serta berbagai tips aman dalam menghadapi situasi tersebut.

BACA JUGA: Jangan Abaikan Ini! Tips Mencegah Rem Blong untuk Keselamatan Berkendara

Alasan mematikan AC mobil 

Saat banjir melanda, motor fan AC yang terletak di depan mobil, dekat dengan radiator, berada dalam risiko yang cukup besar. Cipratan air atau bahkan terendamnya bagian ini dalam genangan air dapat mengakibatkan korsleting dan kerusakan pada motor fan tersebut. 

Tak hanya itu, kompresor AC, bagian inti dalam sistem pendingin mobil, juga dapat terganggu apabila motor fan mengalami masalah. Korsleting pada sistem kelistrikan akibat air yang masuk dapat menimbulkan percikan api, mengancam keselamatan penumpang, terutama bila ada material mudah terbakar di dalam mobil.

Bahaya menyalakan AC saat banjir

Menyalakan AC saat melintasi genangan air membawa sejumlah risiko yang tak bisa diabaikan. Mulai dari kerusakan komponen sistem AC seperti kompresor, kontroler, hingga kabel, hingga kerusakan pada mesin akibat air yang masuk. 

Kerusakan mesin yang mungkin terjadi seperti water hammer bisa merusak komponen lainnya. Bahkan, banjir bisa menyebabkan campuran air dan oli mesin, mengakibatkan kerusakan yang lebih parah pada kendaraan. 

BACA JUGA: Tips Memilih Tipe Compound Ban yang Tepat untuk Kendaraan Anda

Oleh karena itu, mematikan AC mobil saat banjir atau pendingin udara saat mobil melintasi genangan air adalah langkah bijak untuk mencegah kerusakan yang tak diinginkan.

Tips aman berkendara saat banjir

Sumber: