Jangan Abaikan Ini! Tips Mencegah Rem Blong untuk Keselamatan Berkendara

Jangan Abaikan Ini! Tips Mencegah Rem Blong untuk Keselamatan Berkendara

Menjaga kaliper tetap bersih adalah salah satu tips mencegah rem blong.-(Ilustrasi Pinterest)--

RADAR TEGAL - Rem merupakan komponen vital dalam kendaraan, ibarat nyawa yang menunjang keselamatan di jalan raya. Karenanya, tips mencegah rem blong wajib kita perhatikan di sini.

Rem yang tidak berfungsi dengan baik atau rem blong, dapat menjadi mimpi buruk bagi pengemudi dan penumpang. Tips mencegah rem blong harus kita ketahui sejak sedini mungkin.

Karena pentingnya komponen ini, setiap pengendara tidak boleh menyepelekannya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami tips mencegah rem blong secara menyeluruh. 

Berikut tips mencegah rem blong dan panduan lengkapnya. Mulai dari langkah-langkah antisipasi hingga cara menghadapi situasi darurat rem blong.

BACA JUGA: Kapan Waktu Kuras Oli Matic? Catat Ketentuannya, Jangan Sampai Telat Ganti

Perawatan kendaraan rutin

  • Periksa Permukaan Minyak Rem

Lakukan pemeriksaan berkala pada permukaan minyak rem di reservoir adalah tips mencegah rem blong. Pastikan levelnya berada di antara garis minimum dan maksimum. Gunakan selalu minyak rem yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda. Hal ini untuk memastikan sistem rem terisi dengan cairan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan kendaraan.

  • Pantau Kondisi Kampas Rem

Periksa keausan kampas rem secara berkala. Ganti kampas rem dengan yang baru jika sudah tipis atau menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Kampas rem yang aus dapat mengurangi daya pengereman dan meningkatkan risiko rem blong.

  • Periksa Selang Rem

Lakukan pemeriksaan menyeluruh pada kondisi selang rem, perhatikan adanya keretakan, kebocoran, atau kerusakan fisik lainnya. Ganti selang rem secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Selang rem yang bocor dapat menyebabkan hilangnya tekanan hidrolik pada sistem pengereman, sehingga rem tidak berfungsi.

  • Pastikan Kondisi Master Rem

Tips mencegah rem blong berikutnya ialah periksa kondisi master rem dari kebocoran atau kerusakan internal. Jika master rem bermasalah, segera bawa kendaraan ke bengkel resmi untuk diperbaiki. Master rem yang bermasalah dapat mengganggu kinerja sistem hidrolik dan menyebabkan rem blong.

BACA JUGA: Apakah Ganti Oli Matic Harus di-Flushing? Ini Beberapa Keuntungannya untuk Performa Mobil Anda

  • Jaga Kaliper Rem Tetap Bersih

Bersihkan kaliper rem secara berkala dari kotoran, debu, atau karat. Kaliper rem yang kotor dapat menghambat pergerakan piston dan mengganggu fungsi pengereman.

Kebiasaan berkendara yang baik

  • Hindari Menginjak Rem Terus Menerus

Kebiasaan ini, terutama di jalan menurun, dapat menyebabkan rem overheat dan mengalami blong. Gunakan engine brake untuk membantu memperlambat laju kendaraan. Engine brake bekerja dengan memanfaatkan kompresi mesin untuk membantu memperlambat kendaraan, sehingga mengurangi beban pada rem.

  • Turunkan Gigi di Jalan Menurun

Sumber: