10 Cara Atasi Sendiri Speaker HP yang Tidak Bersuara, Cukup Gunakan Mode Satu Ini

10 Cara Atasi Sendiri Speaker HP yang Tidak Bersuara, Cukup Gunakan Mode Satu Ini

10 cara atasi sendiri speaker HP tidak bersuara-freepik-

RADAR TEGAL – Artikel ini mengulas 10 cara atasi sendiri speaker HP tidak bersuara. Misalnya, Anda bisa memanfaatkan beberapa mode dan fitur yang ada di smartphone Anda.

Cara atasi sendiri speaker HP tidak bersuara bisa Anda coba lakukan baik pengguna Android maupun iPhone. Alternatif ini bisa diterapkan apalagi jika kondisi tidak memungkinkan untuk segera membawa ponsel ke tempat service.

Penyebab kerusakannya bisa ada beragam, maka dari itu Anda perlu tahu cara atasi sendiri speaker HP yang tidak bersuara. Sebab, seringkali ada beberapa kekeliruan dalam penggunaannya yang membuat speakernya tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Simak di bawah 10 cara atasi sendiri speaker HP yang tidak bersuara. Ketahui juga sejumlah penyebabnya yang biasa terjadi.

Penyebab kerusakan pada speaker HP

Speaker pada smartphone biasanya seringkali mengalami beberapa kendala. Mulai dari tidak sengaja kemasukan air pada lubang speaker, khususnya pada HP yang belum anti air.

BACA JUGA : 4 Cara Tepat Keluarkan Air dari Speaker HP, Bisa Coba Tangani Sendiri Dulu di Rumah

Kemudian juga bisa terjadi error atau bug pada sistem operasi ponsel yang membuat beberapa fiturnya bermasalah. Selain itu, kemungkinan juga ada kerusakan secara fisik pada speaker HP tersebut, sampai kesalahan pengaturan volume speaker yang sepele.

10 cara atasi sendiri speaker HP tidak bersuara

HP yang mengalami masalah mungkin tidak bisa segera dibawa ke tempat service karena beberapa faktor. Namun, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengatasi speaker HP error sendiri di rumah.

1. Cek volume ponsel

Pertama coba cek dulu volume HP Anda, siapa tahu ponsel tidak mengeluarkan suara karena volumenya nol yang tidak sengaja tertekan. Coba atur dulu volume HP yang sesuai.

2. Cek volume di aplikasi

Jika tadi cek volume di ponsel, Anda juga bisa coba cek pengaturan volume di aplikasi tertentu. Misalnya seperti WhatsApp yang memiliki tingkat pengaturan volume tertentu untuk notifikasi dan sebagainya.

Sumber: