KNKT Ungkap Penyebab Kecelakaan Maut KM 58 Tol Jakarta-Cikampek, Ternyata Sopir GranMax Lakukan Ini

KNKT Ungkap Penyebab Kecelakaan Maut KM 58 Tol Jakarta-Cikampek, Ternyata Sopir GranMax Lakukan Ini

KECELAKAAN- Kecelakaan maut di Tol Cikampek-Jakarta KM 58 diduga disebabkan karena sopir Grandmax terlalu lelah.-Tangkapan Layar-Disway.id

RADAR TEGAL- Penyebab kecelakaan maut KM 58 Tol Jakarta-Cikampek akhirnya diungkap Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Penilaian mengenai penyebab insiden tersebut resmi dirilis, Kamis, 11 April 2024.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam siaran persnya pada Kamis, 11 April 2024 mengatakan, kelelahan pengemudi menjadi penyebab kecelakaan maut KM 58 Tol Jakarta-Cikampek. 

"Jika kita mengemudi dalam keadaan kurang istirahat maka konsentrasi pengemudi akan berkurang dalam mengemudikan kendaraannya," ucap Soerjanto seperti dikutip dari Disway.id, Jumat 12 April 2024.

Menurut KNKT, kecelakaan maut KM 58 Tol Jakarta-Cikampek berawal dari sopir GranMax yang mengalami rasa kelelahan yang tinggi usai bekerja melebihi batas waktu. Karena kurangnya waktu istirahat, sopir GranMax mengalami penurunan konsentrasi yang mana pada akhirnya mengalami kecelakaan.

BACA JUGA: Kecelakaan Tol Cikampek Km 58 Menelan Korban Jiwa, 9 Orang Meninggal dan 2 Lainnya Luka Berat

"Dalam situasi seperti ini pengemudi akan sangat mudah mengalami microsleep," tuturnya menambahkan.

Dari hasil penyidikan terbongkar sudah bahwa sopir GranxMax mobil travel tak resmi itu melakukan penjemputan penumpang dari Ciamis pada pada Jumat, 5 April 2024 sekitar pukul 19.30 WIB.

Sopir GranMax beserta penumpang berangkat lagi dari arah Jakarta pada siang hari untuk mengantar penumpang ke Ciamis plus menjemput pada Sabtu, 6 April 2024.

Seakan tanpa lelah, sopir GranMax travel tak resmi itu kembali dari Ciamis menuju Jakarta pagi hari untuk mengantar penumpang pada Minggu, 7 April 2024.

BACA JUGA: Total 13 Orang Tewas dalam Kecelakaan Tol Cikampek KM 58, Sistem Contraflow Dievaluasi Lagi

Sempat beristirahat sebentar pada siang harinya, lalu Sopir GranMax travel tak resmi itu berangkat ke Ciamis lagi untuk mengantar penumpang pada sore harinya.

Lanjut Sopir GranMax berangkat ke Jakarta untuk melakukan penjemputan pada malam hari hingga tiba pukul 00.00 WIB. Jeda dua jam atau pada pukul 02.00 WIB, Sopir GranMax kembali otw Depok untuk menjemput penumpang.

Sopir GranMax juga menjemput penumpang ke Cilebut pada pukul 03.30 WIB dan berangkat penjemputan juga ke Bekasi sekitar pukul 05.30 WIB.

Sumber: