Mengenal Tradisi Unik di Tegal, Warisan Budaya yang Harus di Jaga

Mengenal Tradisi Unik di Tegal, Warisan Budaya yang Harus di Jaga

--

RADAR TEGAL - Tradisi adalah sebuah ritual, praktik atau serangkaian kebiasaan yang diwariskan dari generasi ke generasi yang dilakukan oleh masyarakat tertentu. Tradisi ini mencangkup beberapa aspek kehidupan seperti agama, budaya, perayaan, serta cara berpakaian dalam masyarakat, seperti tradisi unik di Tegal ini.

Tiap bangsa atau kelompok mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri. Salah satunya, yang mempunyai beberapa tradisi unik di Tegal yang sudah dijalankan secara turun temurun.

Tradisi yang unik di Tegal ini tentunya harus kita jaga dan lestarikan sebagai budaya. Kira-kira apa saja sih tradisi unik di Tegal?

Nah, dari pada penasaran langsung saja kita lihat artikel tentang tradisi unik di Tegal. Simak hingga tuntas untuk menambah kecintaan kita pada budaya.

BACA JUGA: 5 Kuliner Jajanan Kering Khas Tegal, Rasakan Kelezatan Kue Tradisional empo Doeloe yang Masih Tersisa

Tradisi di Tegal

1. Tradisi Moci

Moci merupakan salah satu tradisi di Tegal yang masih dilestarikan hingga saat ini. Dan, bahkan tradisi menikmati teh poci ini bahkan sudah ada sejak zaman penjajahan.

Masyarakat biasanya akan menikmati seduhan teh poci saat pagi dan sore hari sembari ditemani camilan ringan sehingga waktu istirahat akan lebih terasa menenangkan. Masyarakat juga biasanya menggunakan gula batu sebagai pemanis tambahan.

Poci sendiri adalah wadah yang terbuat dari tanah liat dan biasanya digunakan oleh masyarakat sebagai tempat menyeduh teh. Untuk menjadikan cita rasa pocinya tidak hilang dan menguar begitu saja, biasanya masyarakat akan menutup ujung poci menggunakan bungkus teh.

Tradisi unik di Tegal ini bukan hanya dinikmati di waktu pagi atau sore hari, tetapi juga dilakukan saat ada hajatan. Masyarakat juga melakukan Tradisi Moci ketika sedang berkumpul dalam acara tertentu.

2. Tradisi Prebegan

Tradisi Prebegan adalah bagian dari warisan adat istiadat Tegal yang masih terjaga kelestariannya sampai sekarang. Yang dimana warga Kota Tegal akan melakukan tradisi tersebut untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri.

Biasanya masyarakat akan beramai-ramai ke pasar dengan berjalan kaki guna berbelanja beragam keperluan untuk menjamu para tamu. Dilakukan pada saat sehari sebelum lebaran.

Sumber: