PascaMudik, 10 Perawatan Motor Ini Wajib Anda Lakukan Agar Tidak Turun Mesin

PascaMudik, 10 Perawatan Motor Ini Wajib Anda Lakukan Agar Tidak Turun Mesin

Pasca Mudik, Ini 10 Perawatan Motor yang Wajib Anda Lakukan Agar Tidak Turun Mesin--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

Anda bisa memeriksa sistem rem, termasuk kaliper rem, piringan rem, dan kampas rem. Periksa pula ketebalan kampas rem dan gantilah jika sudah tipis atau aus.

4. Periksa Sistem Penerangan 

Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik, termasuk lampu depan, lampu belakang, lampu sein, dan lampu rem usai Anda pakai untuk mudik. Anda bisa memersihkan lampu dari debu dan kotoran agar cahaya terang dan jelas.

5. Cek Rantai dan Gear

Rantai dan gear motor juga menjadi bagian penting yang harus Anda periksa, guna menjaga transmisi ke roda tetap bekerja dengan baik. Pastikan juga ketegangan rantai dan keausan gear dalam kondisi normal, jika sudah aus Anda bisa menyetel ulang rantai.

6. Cek Aki

Aki juga wajib Anda cek terlebih setelah dipakai untuk melakukan perjalanan jauh seperti mudik lebaran 2024. Anda bisa memeriksa level air aki hingga terminal aki agar tidak terkena kerak maupun kotoran rentan lainnya.

BACA JUGA: Kerennya Honda ADV X-750 2024, Motor Mesin 2 Silinder yang Bisa Matic dan Juga Bisa Manual

7. Periksa Sistem Pendingin

Memeriksa sistem pendingin atau radiator juga bisa menjaga performa mesin motor tetap dalam keadaan prima. Hal ini karena sistem pendinginlah yang menjaga mesin tidak sampai overheat atau kepanasan.

Cobalah untuk membersihkan kipas pendingin dari debu dan kotoran. Selain itu, Anda juga bisa mengganti air radiator sesuai dengan anjuran pabrik agar kinerja sistrem pendingin bisa mendinginkan mesin secara optimal.

8. Cek Suspensi Motor

Suspensi bagian penting dari motor yang wajib Anda periksa, pasalnya akan sangat mempengaruhi kualitas kenyamanan motor. Cobalah periksa kondisi suspensi depan dan belakang, apakah ada kebocoran oli atau ada kerusakan pada komponen suspensi.

Apabila suspensi motor terasa keras setelah Anda gunakan untuk mudik lebaran 2024 Anda bisa menservisnya di bengkel resmi. Atau Anda juga bisa langsung melakukan penggantian oli suspensi.

BACA JUGA: Motor Yamaha Terbaru 2024, Yakin Bisa Melawan Kompetitor? Ini Jawabannya

Sumber: