Rekomendasi Makanan Khas Brebes yang Unik dan Kreatif dengan Citarasa Nagih, Wajib Dicoba Nih Guys!

Rekomendasi Makanan Khas Brebes yang Unik dan Kreatif dengan Citarasa Nagih, Wajib Dicoba Nih Guys!

SOTO BATOK- Rekomendasi Makanan Khas Brebes--

RADAR TEGAL - Brebes merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Wilayah ini terkenal dengan hasil pertaniannya yaitu berupa bawang merah dengan kualitas super serta makanan khas Brebes yang menarik dan terkenal.

Salah satu makanan yang paling terkenal yaitu telor asin yang sering dijadikan oleh-oleh karena rasanya yang khas. Selain itu masih banyak lagi makanan khas Brebes yang lezat hasil dari kreativitas masyarakat Brebes.

Makanan khas Brebes memiliki kemiripan dengan cita rasa makanan khas Tegal, Cilacap, dan Banyumas. Hal ini dikarenakan lokasinya berbatasan dengan daerah-daerah tersebut.

Artikel ini akan membahas mengenai makanan apa saja yang rekomended untuk dicoba saat berada di Brebes. Yuk simak, agar kamu bisa menikmati lezatnya makanan khas Brebes yang unik dan tiada duanya.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Alam di Brebes yang Mempesona, Jadi Jujugan Paling Favorit Saat Libur Lebaran

Rekomendasi makanan khas Brebes yang unik dan kreatif

1. Telur Asin

Munculnya telur asin di daerah Brebes ada sekitar abad ke-18. Berawal dari orang Tionghoa yang datang ke Brebes membawa telur asin.

Pada saat itu telur asin merupakan bagian dari sesajen yang digunakan untuk persembahan atau ritual sembahyang sebagai penghormatan kepada dewa bumi. Masyarakat Tionghoa biasa menerapkan pengawetan pada bahan makanan agar bertahan lama, salah satunya yaitu pada telur.

Telur asin merupakan telur yang diawetkan dengan cara diasinkan. Kualitas telur asin Brebes dikenal dengan keunggulannya karena memiliki cita rasa yang khas.

BACA JUGA: Tradisi Unik yang Ada di Kampung Jalawastu Brebes, Masih Tetap Terjaga Hingga Saat Ini

2. Bandeng Bakar Lumpur

Brebes menjadi salah satu wilayah yang masyarakatnya memiliki komoditas perikanan, karena lokasinya yang dekat dengan laut. Nah, salah satu komoditas unggulan yaitu menghasilkan ikan bandeng.

Ikan bandeng diolah oleh masyarakat Brebes menjadi makanan unik yang enak yaitu bandeng bakar lumpur. Disebut demikian karena ikan bandeng yang sudah dibumbui kemudian dibungkus daun pisang dan dibungkus lagi dengan lumpur khusus dari tambak bandeng itu sendiri.

Sumber: