Tips Hemat Baterai Mobil Listrik, Mudik Nyaman, Aman, dan Ramah Lingkungan

Tips Hemat Baterai Mobil Listrik, Mudik Nyaman, Aman, dan Ramah Lingkungan

Salah satu tips hemat baterai mobil listrik, yaitu mengisi daya di SPKLU Fast Charging.-(Ilustrasi Pinterest)--

Perhatikan jenis konektor dan voltase SPKLU, dan pastikan kompatibel dengan mobil Anda. Unduh aplikasi SPKLU untuk memudahkan pencarian dan pembayaran di SPKLU.

BACA JUGA: Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Facelift, Jarak Tempuh Baterai Capai 481 KM

2. Teknik mengemudi hemat baterai

  • Berkendara dengan Eco-Driving

Terapkan teknik eco-driving dengan menjaga kecepatan stabil dan menghindari akselerasi mendadak. Pengereman mendadak juga boros karena energi kinetik tidak terkonversi kembali ke baterai. Gunakan cruise control untuk menjaga kecepatan konstan di jalan tol. Berkendara dengan santai dan hindari perilaku agresif yang menghabiskan energi baterai.

  • Gunakan mode hemat energi

Aktifkan mode hemat energi pada mobil Anda. Mode ini membatasi konsumsi energi untuk memperpanjang jarak tempuh. Fitur ini biasanya mengatur penggunaan AC, pemanas, dan sistem elektronik lainnya agar lebih hemat. Gunakan mode hemat energi saat baterai hampir habis atau saat terjebak macet.

  • Matikan fitur yang tidak perlu

Matikan AC, radio, dan fitur hiburan lainnya saat tidak digunakan. Fitur-fitur ini dapat menguras baterai secara signifikan. Matikan lampu kabin dan dashboard saat tidak diperlukan. Cabut perangkat elektronik yang terhubung ke port USB mobil untuk mencegah konsumsi daya.

  • Manfaatkan fitur Regenerative Braking

Manfaatkan fitur regenerative braking yang mengisi ulang baterai saat mobil melambat atau berhenti. Gunakan teknik pengereman yang halus untuk memaksimalkan regenerasi energi. Perhatikan indikator baterai pada dashboard untuk melihat efektivitas regenerative braking.

BACA JUGA: 5 Keunggulan Mobil Listrik Wuling Bingo 2024 Terbaru, Mobil Imut yang Worth It Healing di Kota

3. Persiapan Kendaraan dan Beban

  • Pastikan kondisi mobil prima

Lakukan servis rutin dan periksa tekanan ban sebelum mudik. Tekanan ban yang tidak sesuai dapat meningkatkan konsumsi baterai. Periksa kondisi sistem pendingin baterai. Sistem ini penting untuk menjaga temperatur baterai optimal. Pastikan semua sistem elektronik mobil berfungsi dengan baik.

  • Hindari membawa beban berlebihan

Tips hemat baterai mobil listrik terakhir adalah bawalah barang bawaan secukupnya dan pertimbangkan penggunaan roof rack untuk meminimalkan ruang bagasi, bagasi yang berat dapat meningkatkan konsumsi baterai.

Pilih barang bawaan yang esensial dan tinggalkan barang yang tidak diperlukan selama perjalanan. Bagilah beban secara merata di bagasi untuk menjaga keseimbangan mobil.

Kesimpulan

Mudik dengan mobil listrik bukan hal mustahil. Dengan perencanaan matang, strategi tips hemat baterai mobil listrik, dan persiapan kendaraan yang optimal, Anda dapat menikmati mudik yang nyaman dan ramah lingkungan. 

BACA JUGA: Bisa Jadi Pilihan untuk Mudik, Ini Daftar Harga Mobil Listrik Terbaru Per Maret 2024

Sumber: