Pj Gubernur Pastikan Jateng Siap Sambut Pemudik pada Musim Mudik Lebaran 2024

Pj Gubernur Pastikan Jateng Siap Sambut Pemudik pada Musim Mudik Lebaran 2024

PEMUDIK- Pj Gubernur Jateng sebut Jateng siap sambut pemudik musim mudik tahun ini--

RADAR TEGAL - Jawa Tengah menjadi salah satu tujuan para pemudik dalam musim mudik lebaran 2024 tahun ini. Karenanya, Pj. Gubernur Nana Sudjana memastikan Provinsi Jateng siap menyambut arus mudik dan balik lebaran 2024.

Selain siap sambut pemudik, Pj Gubernur Jateng juga akan memastikan kondusifitas tetap terjaga. Utamanya, selama libur nasional dan hari raya Idulfitri.

Kesiapan Jateng sambut pemudik itu, disampaikan saat Rakor Forkopimda dalam menyambut Idulfitri. Kegiatan diselenggarakan di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang, Senin, 1 April 2024.

Menurut Pj Gubernur, Jateng siap sambut pemudik yang akan pulang kampung saat lebaran nanti. Karenanya, pihaknya menggelar rakor untuk menyiapkan hal tersebut.

BACA JUGA: Hindari Penumpukan, Tarif Tol Kanci-Pemalang Diskon 10 Persen saat Arus Mudik dan Balik 2024

"Kegiatan Rakor kali ini merupakan keseriusan kita bersama dalam mempersiapkan Mudik dan Lebaran Idulfitri 2024. Agar berjalan lancar dan tertib," kata Nana Sudjana.

Menurut Nana, ada beberapa isu yang menjadi perhatian menjelang mudik dan lebaran idulfitri 2024. Antara lain ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat, stabilitas harga, serta kewaspadaan akan potensi bencana.

Nana mengatakan, prediksi pergerakan Mudik Lebaran Nasional 2024 sebanyak 193,6 juta orang. Sedangkan pergerakan orang masuk dan melintas Jawa Tengah sebesar 18,23 juta orang. 

"Perkiraan puncak arus mudik terjadi pada 6-7 April 2024 dan perkiraan arus puncak balik pada 14-15 April 2024. Jawa Tengah menyiapkan posko terpadu angkutan Lebaran dan juga pelayanan Lebaran tahun 2024," kata Nana.

BACA JUGA: Pemudik Wajib Waspada, Ini Titik Rawan Macet di Tegal

Nana mengungkapkan posko terpadu dan pos pelayanan disiapkan beberapa titik. Hal itu salah satunya untuk penyiapan ramp check untuk memastikan kendaraan dalam kondisi prima, juga untuk kesiapan informasi dan telekomunikasi. 

"Posko utama akan ada di Dinas Perhubungan dan beberapa titik yang ada di tol maupun jalur Pantura dan jalur lainnya, ada 7 titik untuk membantu kelancaran masyarakat. Pelaksanaan nanti akan bekerjasama dengan kepolisian, TNI, Dishub, dan Satpol PP," jelasnya.

Terkait kebutuhan pokok dan energi bagi masyarakat, Nana memastikan tercukupi sampai pasca lebaran. Pemprov Jateng bersama instansi terkait seperti Bulog, Pertamina, dan PLN telah menyiapkan sejak jauh hari.

"Semua petugas siaga 24 jam untuk memastikan distribusi pangan dan energi berjalan lancar sampai selesai Idulfitri. Saya juga mengingatkan kepada seluruh kepala daerah untuk memperhatikan laju inflasi di daerah masing-masing," tandasnya.

Sumber: