5 Risiko Daftar Pinjol Tanpa KTP yang Sering Diabaikan, Memang Mudah tapi Ada Bahayanya

5 Risiko Daftar Pinjol Tanpa KTP yang Sering Diabaikan, Memang Mudah tapi Ada Bahayanya

5 risiko daftar pinjol tanpa KTP yang sering diabaikan-freepik-

RADAR TEGAL – Anda harus tahu ada 5 risiko jika daftar pinjol tanpa KTP yang bisa saja terjadi. Dampak buruknya ini seringkali diabaikan dan tidak diketahui oleh para pengguna pinjaman online.

Risiko daftar pinjol tanpa KTP justru tetap bisa berpengaruh pada keamanan data pengguna. Meski memang terdengar mudah dan fleksibel, tetap saja ada dampak buruk yang kemungkinan terjadi.

Maka dari itu penting untuk Anda tahu apa saja risiko daftar pinjol tanpa KTP. Tujuannya, demi meminimalisir hal-hal buruk yang bisa saja terjadi.

Selengkapnya di bawah 5 risiko daftar pinjol tanpa KTP yang harus Anda tahu. Simak pembahasannya sampai akhir artikel.  

5 Risiko daftar pinjol tanpa KTP

Kini memang sudah banyak layanan pinjaman online yang memberikan dana ke pengguna meski tanpa melampirkan KTP. Namun, alih-alih memberikan kemudahan justru ada sejumlah bahaya ajukan pinjol tanpa KTP.

BACA JUGA: 7 Pinjol Legal Tanpa BI Checking 2024, Bisa Cair Puluhan Juta dengan Tenor Tahunan

1. Identifikasi Peminjam Tidak Jelas

Dampak buruk paling fatal jika daftar pinjaman online tanpa KTP yaitu kurangnya identifikasi yang jelas soal si peminjam atau calon debitur. KTP termasuk salah satu dokumen resmi yang penting saat mengajukan kredit.

Pada KTP ini berisikan identitas seseorang dan riskan jika sampai bocor ke oknum nakal. Bisa-bisa data KTP akan digunakan untuk tindak kriminal atau sejenisnya. Jika mengajukan pinjaman online tanpa KTP, identitas pengguna jadi tidak bisa diverifikasi untuk keamanan.

2. Data Pribadi Kurang Aman

Risiko daftar pinjol tanpa KTP selanjutnya yaitu adanya kebocoran data lebih tinggi. Hal ini masih berkaitan pada penjelasan pada poin pertama tadi.

Proses pinjaman online pastinya melibatkan pertukaran informasi antar penyedia layanan dan calon peminjam. Lewat KTP ini juga penyedia layanan menilai kelayakan calon debitur sebelum memberikan uang pinjaman.

BACA JUGA: Pilihan Kaum Galbay, Ini Daftar Pinjol Tanpa KTP Cepat Cair Nggak Ada DC Lapangannya Loh

Sumber: