19 Perlintasan KA di Brebes Tanpa Palang Pintu, Pengawasan Jelang Mudik Bakal Libatkan Linmas

19 Perlintasan KA di Brebes Tanpa Palang Pintu, Pengawasan Jelang Mudik Bakal Libatkan Linmas

Kepala Dishub Brebes Budi Darmawan saat diwawancarai terkait persiapan arus mudik di Brebes. Tahun ini, Pemkab Brebes menyiapkan empat bus untuk mudik gratis.(istimewa)--

RADAR TEGAL- Sedikitnya 19 perlintasan KA di Brebes tanpa palang pintu. Untuk mengantisipasi kecelakaan, perlintasan kereta api tersebut bakal dijaga petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) desa setempat saat arus mudik Lebaran 2024. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Brebes Budi Darmawan mengatakan, jumlah perlintasan KA di Brebes tanpa palang pintu tersebut dari total 51 perlintasan. Dari jumlah tersebut, 13 petugas jaga Dishub, 12 petugas KAI dan 7 petugas jaga swasta. 

“Kekurangannya ada perlintasan tidak resmi atau tidak tercatat dalam database yaitu ada 19 titik,” ungkapnya usai rapat lintas sektoral memyambut arus mudik Lebaran 2024, di Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Pemkab Brebes, Rabu 27 Maret 2024 terkait perlintasan KA di Brebes tanpa palang pintu.

Untuk menjaga 19 perlintasan KA di Brebes yang tanpa palang pintu, pihaknya sudah mengirimkan surat ke setiap pemerintah desa (pemdes) agar menugaskan Linmas. Hal itu sesuai dari rekomendasi rapat lintas sektoral di tingkat kabupaten menjelang arus mudik Lebaran. 

BACA JUGA: Perlintasan Membahayakan, Warga Minta Dibuatkan Palang Pintu Kereta Api Lengkap dengan Penjaga

“Langkah yang kita ambil, hasil rapat lintas sektotal, memberikan surat edaran ke kepala desa yang daerahnya dilewati kereta api agar menugaskan Linmas di setiap lintasan yang memang diperlukan penjagaan. Solusinya sementara itu,” jelasnya.

Selain soal perlintasan KA di Brebes tanpa palang pintu, dalam membantu menyukseskan arus mudik tahun ini, rencananya akan menerjunkan 100 personel yang bertugas menjaga keamanan dan kelancaran arus mudik.

“Kita menerjunkan 100 personel yang ditempatkan di titik-titik yang memang perlu ada penjagaan pengamanan mudik,” tutupnya.

Demikian informasi terkait persiapan mudik dan antisipasi kecelakaan di perlintasan KA di Brebes yang tanpa palang pintu. Semoga mudik tahun ini lancar tanpa halangan berarti. (*)

Sumber: