Di Balik Keindahan Pantai Parangtritis Yogyakarta, Inilah Mitos yang Tersembunyi di Dalamnya

Di Balik Keindahan Pantai Parangtritis Yogyakarta, Inilah Mitos yang Tersembunyi di Dalamnya

Ilustrasi mitos Pantai Parangtritis Yogyakarta yang wajib diketahui.-(Foto: Tangkapan Layar/Instagram/@parangtritiscom).-

RADAR TEGAL - Mengungkap mitos Pantai Parangtritis Yogyakarta di balik keindahan alam yang bagitu istimewa menyimpan kisah misteri yang tersembunyi, salah satunya mungkin sudah familiar.

Dengan mengetahui mitos Pantai Parangtritis Yogyakarta, akan menambah wawasan dalam berbudaya dan berwisata terkait dengan beraneka ragam kisah misteri yang terkandung di dalamnya.

Apa saja mitos Pantai Parangtritis Yogyakarta ini? Mari ikuti ulasan yang telah kami rangkum berikut ini, simak sampai akhir artikel untuk menemukan cerita misterinya.

Pantai Parangtritis, menjadi magnet bagi para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Keindahan senja dan gemuruh ombaknya menjadikan pantai ini destinasi yang sangat diminati.

BACA JUGA: 5 Mitos Tersembunyi di Danau Toba, Konon Terdapat Legenda Ikan Mas Raksasa yang Penuh Misteri

Namun, di balik pesonanya, tersimpan beragam kisah mistis yang mengelilinginya. Dipercaya terhubung dengan berbagai titik penting di Yogyakarta seperti Panggung Krapyak, Keraton Yogyakarta, Tugu Yogyakarta, dan Gunung Merapi, Pantai Parangtritis menjadi semakin menarik karena mitos yang tersembunyi di dalamnya.

Berikut ini, kami akan mengungkapkan empat kisah mistis yang melingkupi Pantai Parangtritis Yogyakarta dan wajib Anda ketahui sebelum memutuskan untuk berkunjung demi keamanan, antara lain sebagai berikut:

1. Kanjeng Ratu Kidul Penguasa Laut Selatan

Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, Pantai Parangtritis dikuasai oleh Kanjeng Ratu Kidul, penguasa lautan selatan.

Konon, istananya terletak di tengah samudera Hindia. Kanjeng Ratu Kidul dipercaya memiliki kemampuan untuk bermetamorfosis, kadang sebagai wanita muda, kadang sebagai wanita tua.

BACA JUGA: Sejarah Danau Toba, Benarkah Akibat Letusan Supervulkan yang Menggelegar? Cek Selengkapnya

Selain itu, ia memiliki seorang abdi setia bernama Nyi Roro Kidul. Anda pasti sudah begitu paham dan mengenali sosok Ratu ini dengan ceritanya yang melegenda.

2. Larangan Berpakaian Hijau

Nyi Roro Kidul diketahui sangat menyukai warna hijau. Legenda menyebutkan bahwa dia selalu mengenakan pakaian hijau, seperti kebaya dan kemben.

Oleh karena itu, masyarakat setempat meyakini larangan mengenakan pakaian berwarna hijau di Pantai Parangtritis dan pantai-pantai lain di sekitar selatan Yogyakarta.

Pelanggaran larangan ini diyakini akan membuat Nyi Roro Kidul membawa pelanggarnya ke alam bawah sadar sebagai pengikutnya.

BACA JUGA: Selain Keindahan Wilayahnya, Ternyata Inilah 5 Mitos Sunda yang Penuh Misteri Hingga Sekarang

Tak heran jika setiap kasus orang hilang di pantai selatan dikaitkan dengan larangan ini. Bagaimana menurut Anda, apakah sudah pernah mendengar cerita ini?



3. Gerbang Menuju Alam Gaib

Sebagai tempat yang sarat akan nuansa mistis, Pantai Parangtritis juga dipercaya sebagai gerbang menuju alam gaib. Legenda mengisahkan bahwa Kanjeng Ratu Kidul kerap mengunjungi Kesultanan Yogyakarta.

Ketika itu terjadi, suara gamelan akan terdengar samar-samar dari arah pantai pada malam hari. Mitos ini begitu mistis, percaya atau tidak kembali pada diri kita masing-masing.

4. Terowongan Misterius Jejak Nyi Roro Kidul

Salah satu kisah misterius lainnya mengenai Pantai Parangtritis adalah adanya sebuah terowongan yang menghubungkan pantai ini dengan Keraton Yogyakarta.

BACA JUGA: Unik dan Misteri, Inilah Mitos Larangan Makan Lele di Lamongan Konon Terkait Keris Sunan Gresik

Dipercaya bahwa terowongan ini sering dilewati oleh Nyi Roro Kidul saat berkunjung ke Yogyakarta.

Pantai Parangtritis tidak hanya menawarkan keindahan alamnya, tetapi juga menyimpan beragam kisah mistis yang membuatnya semakin menarik.

Dari legenda Kanjeng Ratu Kidul hingga larangan mengenakan pakaian hijau, serta kepercayaan bahwa pantai ini adalah gerbang menuju alam gaib.

Semua cerita ini menambah daya tarik dan misteri Pantai Parangtritis Yogyakarta. Dengan segala mitos yang tersembunyi di dalamnya, pantai ini menjadi bukti bahwa keindahan alam seringkali disertai dengan cerita-cerita yang menggetarkan hati.

BACA JUGA: Sejarah Kerajaan Kalinyamat Jepara, Jadi Pusat Perdagangan Internasional

Apakah Anda tertarik dengan Pantai Parangtritis yang penuh segala keajaibannya? Temukan sendiri pesona dan misterinya di balik gemerlapnya deburan ombak senja. Siap untuk merasakan pesona mistis Pantai Parangtritis?

Demikian mitos Pantai Parangtritis Yogyakarta memiliki kisah misterius yang perlu Anda ketahui sebelum berkunjung. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda menambah wawasan wisata alam serta budaya.(*)

Sumber: