Ajukan Sekarang Pinjaman KUR BRI 2024 Terbaru yang Cepat Cair Mulai Dari 50 Juta

Ajukan Sekarang Pinjaman KUR BRI 2024 Terbaru yang Cepat Cair Mulai Dari 50 Juta

Pinjaman KUR BRI 2024 --

RADAR TEGAL - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk akan kembali memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada tahun 2024. KUR BRI 2024 sendiri merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan akses pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

BRI telah mulai menyalurkan KUR sejak bulan Maret 2024, penyaluran KUR dilakukan setelah diterbitkannya perangkat kebijakan KUR BRI 2024. Seperti yang tercantum dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Permenko No. 1 Tahun 2024 dan perangkat pendukung lainnya.

Jenis KUR BRI 2024

Menurut informasi yang diambil dari laman resmi BRI, KUR BRI 2024 akan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu KUR Mikro, KUR Kecil, dan KUR TKI. Untuk mengetahui syarat dan ketentuan, besaran bunga, serta cara mengajukan KUR secara online.

KUR BRI 2024 Mikro

BACA JUGA: Peluang Emas Bagi UMKM, Ada KUR BRI 2024 yang Berikan Pinjaman 60 Juta Cicilan 900 Ribu per Bulan

Penerima KUR adalah orang yang menjalankan usaha yang produktif dan layak, dengan usia usaha harus sudah berjalan aktif selama minimal 6 bulan. Selain itu, penerima KUR tidak boleh sedang menerima kredit dari bank kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit. 

Untuk mengajukan KUR, persiapkan dokumen-dokumen seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat izin usaha, dengan maksimum pinjaman yang dapat diberikan adalah Rp 50 juta per debitur. Ada dua jenis pinjaman yang bisa dipilih, yaitu Kredit Modal Kerja (KMK) dengan tenor maksimal 3 tahun dan Kredit Investasi (KI) dengan tenor maksimal 5 tahun. 

Hal yang menarik adalah tidak ada biaya administrasi dan provisi yang harus dibayarkan saat mengajukan KUR. Proses pengajuan KUR juga mudah dan cepat, selain itu, bunga yang dikenakan pada pinjaman KUR juga sangat terjangkau.

BACA JUGA: 40+ Terbaru Pinjol Legal Resmi Terdaftar OJK, Pastikan Pilihan Terpercaya

KUR BRI 2024 Kecil

Untuk menjadi calon penerima KUR, kamu harus memiliki usaha yang produktif dan layak. Usia usaha sudah berjalan minimal selama 6 bulan dan harus memiliki Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau dokumen izin usaha yang setara.

Besaran pinjaman yang dapat kamu ajukan berkisar antara Rp 50 juta hingga Rp 500 juta. Selain itu, penting untuk diketahui bahwa kamu tidak boleh sedang memiliki pinjaman dari bank kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit.

Jika kamu memenuhi semua persyaratan tersebut, kamu dapat mengajukan KUR dengan proses yang sesuai dengan prosedur yang berlaku. Perlu diingat bahwa Kredit Modal Kerja (KMK) memiliki tenor maksimal 4 tahun, sedangkan Kredit Investasi (KI) memiliki tenor maksimal 5 tahun.

Sumber: