Pemprov Jateng Tentukan Langkah Rehabilitasi Pasca Bencana Pekan Depan, Pj Gubernur Bilang Begini

Pemprov Jateng Tentukan Langkah Rehabilitasi Pasca Bencana Pekan Depan, Pj Gubernur Bilang Begini

REHABILITASI- Rehabilitasi pasca bencana diungkap Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana di sela mendampingi Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi saat memberikan bantuan pangan kepada warga korban banjir di Kabupaten Demak, pada Minggu, 24 Maret 2024. -Istimewa-Radartegal.disway.id

Sementara itu, selain soal rehabilitasi pasca bencana di Jawa Tengah, Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi menyampaikan, keprihatinannya atas bencana banjir yang terjadi di Demak. Sebab, daerah tersebut merupakan salah satu penyangga pangan nasional. Menurutnya, salah satu kualitas beras terbaik berasal dari Demak.

Akibat banjir di daerah tersebut, beber Arief, total 17.000 ha lahan pertanian terendam air. Dengan luasan tersebut, maka kehilangan produksi beras hingga 200.000 ton. 

"Kita sangat prihatin karena sebenarnya di bulan Maret dan April ini salah satu sumber padi kita adalah dari Demak. Ada yang bisa diselamatkan, ada yang tidak bisa diselamatkan. Tapi kalau bisa diselamatkan, biasanya langsung dikeringkan dan langsung masuk ke penggilingan padi," paparnya. 

BACA JUGA: Kota Tegal Banjir, Sejumlah Siswa di Sekolah yang Terendam Terpaksa Diliburkan

Sebagai bentuk keprihatinan, pihaknya bersama BUMN di bidang pangan, asosiasi-asosiasi dan perusahaan-perusahaan bidang pangan, membawa bantuan pangan. Pihaknya berharap, bantuan yang dibawa bisa mencukupi untuk membantu kebutuhan pangan warga yang terdampak banjir.

Demikian informasi terkait rehabilitasi pasca bencana di Jawa Tengah yang direncanakan pekan depan. Semoga membantu. (*)

Sumber: