Tanggul Sungai Wulan Demak yang Jebol Berhasil Ditutup, Pj Gubernur Jateng Singgung soal Modifikasi Cuaca

Tanggul Sungai Wulan Demak yang Jebol Berhasil Ditutup, Pj Gubernur Jateng Singgung soal Modifikasi Cuaca

DAMPINGI PRESIDEN- Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana menyinggung penanganan tanggul Sungai Wulan Demak yang jebol usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan tinjauan kondisi Kabupaten Demak pascabanjir, Jumat, 22 Maret 2024.-Istimewa-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Tanggul Sungai Wulan Demak yang jebol dipastikan berhasil ditutup. Hal ini dipastikan Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana yang menyebut jika penutupan empat titik tanggul jebol pemicu banjir besar tersebut sudah dilakukan.

Saat ini masih proses penguatan tanggul Sungai Wulan Demak yang jebol. Nana Sudjana menyampaikan hal itu usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan tinjauan kondisi Kabupaten Demak pascabanjir, Jumat, 22 Maret 2024.

“Saat ini sudah ditutup, dan bisa dikatakan tinggal penguatan saja,” kata Nana. 

Selama proses penguatan tanggul Sungai Wulan Demak, pihaknya akan tetap dilakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau rekayasa cuaca. Hal ini sudah dikomunikasikan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG). 

BACA JUGA: Banjir Demak, Pertamina Patra Niaga JBT Terjun Cepat Kirimkan Bantuan Bright Gas dan Logistik

“Untuk pelaksanaan rekayasa cuaca, ini akan dilaksanakan sampai dengan tanggul ini betul-betul siap, dan tanggul ini sudah betul-betul diperkuat. Setelah itu baru nanti rekayasa cuacanya dicabut,” jelasnya.

Selain penutupan tanggul Sungai Wulan Demak yang jebol, rekayasa cuaca yang berhasil dilaksanakan beberapa hari ini, mampu membantu mengurangi debit air di wilayah terdampak banjir. Senyampang dengan itu, penyedotan air di wilayah banjir juga dilakukan agar cepat surut. 

Pengerjaan tanggul Sungai Wulan Demak 4 hari

Terkait hal ini, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan, pengerjaan tanggul Sungai Wulan Demak yang jebol dilakukan selama empat hari berturut-turut, siang dan malam. Hasilnya, tanggul sepanjang 16 meter yang jebol sudah berhasil tertutup. 

“Kita harapkan, awan di atas juga telah dilakukan TMC, sehingga bisa digeser ke arah laut. Ini juga akan sangat mengurangi hujan yang ada di Kabupaten Demak dan sekitarnya,” tuturnya.

BACA JUGA: Pj Gubernur Jateng Tinjau Banjir di Jepara dan Demak: Tanggul-tanggul yang Ada Akan Dievaluasi

Saat Jokowi mengecek banjir di wilayah Kecamatan Gajah dan Bintoro Demak, kondisi banjir sudah menyurut. Ketinggian genangan yang semula mencapai 200 cm, saat ini menyisakan 50 cm. 

Sumber: