Mengulik Mitos yang Berakar di Kalimantan, Kepuhunan Menjadi yang Paling Menonjol

Mengulik Mitos yang Berakar di Kalimantan, Kepuhunan Menjadi yang Paling Menonjol

MITOS- Mengulik Mitos yang Ada di Kalimantan--

RADAR TEGAL - Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan keberagamannya. Selain dikenal dengan keramahan masyarakatnya, tersimpan cerita mistis dan mitos. Salah satunya mitos yang berakar di Kalimantan. 

Salah satu yang paling terkenal yaitu kepuhunan yang menjadi kepercayaan yang sarat makna bagi masyarakat Kalimantan. Jika mitos ini dilanggar maka akan terjadi sesuatu, sesuai mitos yang berakar di Kalimantan.

Antara percaya dan tidak percaya terhadap sesuatu yang tidak sesuai logika, kita tentunya harus menghargai dan menghormati sesuatu yang sudah dipercaya sejak dahulu kala. Mari mengulik mitos yang berakar di Kalimantan secara jelas dan tuntas.

Sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia yang menyimpan berbagai kepercayaan serta kaya akan cerita rakyat, mitos yang berakar di Kalimantan itu masih banyak dipercaya masyarakat. Berikut ulasannya.

BACA JUGA: Konon Berdasarkan Kisah Nyata, Inilah Mitos Dunia yang Mengerikan Hingga saat Ini

Mitos yang berakar di Kalimantan 

1. Kepuhunan

Kepuhunan memiliki kisah yang beragam di berbagai daerah Indonesia. Hal ini mencerminkan tradisi budaya yang dikaitkan dengan mitos roh leluhur, dewa, dan lain sebagainya. Lantas apa arti kepuhunan yang dipercaya masyarakat Kalimantan?

Kepuhunan merupakan kepercayaan ketika seseorang mengalami musibah sebab ingin atau tidak mencicipi sesuatu yang dihidangkan biasannya makanan dan minuman. Walaupun tidak masuk akal, sudah banyak yang mengalaminya di Kalimantan. 

Misalnya saja ketika ada orang Kalimantan yang menawarkan makanan kepada si tamu, jika si tamu menolak dan tidak menyentuh makanan itu sampai dia pulang, maka di perjalanan pulang mitosnya dia akan mengalami kecelakaan dan itu karena si tamu tidak mau sekedar mencicipi yang sudah dihidangkan tuan rumah.

Terkesan aneh tetapi itulah adanya. Jadi jika kamu sedang berada di Kalimantan maka hargailah pemberian mereka walau hanya makan sedikit. Itu menjadi salah satu mitos yang berakar di Kalimantan.

BACA JUGA: 8 Mitos Tanda Jodoh Sudah Dekat, Salah Satunya Terasa Gatal di Telapak Tangan, Jomblo Wajib Cek

2. Naga Benua

Mitos yang berakar di Kalimatan lainnya yaitu terkait adanya naga raksasa yang bersemayam di sungai-sungai besar Kalimantan. Naga tersebut dipercaya memilki kekuatan magis yang menjadi penjaga alam.

Sumber: