Pelaku Ekonomi Kreatif di Tegal Didorong Punya Kemampuan Desain Produk untuk Meningkatkan Value

Pelaku Ekonomi Kreatif di Tegal Didorong Punya Kemampuan Desain Produk untuk Meningkatkan Value

Bintek desain produk bagi pelaku ekonomi kreatif di Tegal--

RADAR TEGAL - Para pelaku ekonomi kreatif di Tegal didorong untuk memiliki kemampuan desain produknya. Sehingga akan meningkatkan nilai produk yang dihasilkan yang endingnya akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan.

Karenanya, Kementerian Pariwisata menggelar bimbingan teknis subsektor desain produk bagi pelaku ekonomi kreatif di Tegal. Kegiatan berlangsung pada Senin 18 Maret 2024 siang yang diikuti puluhan peserta.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri usai membuka acara mengatakan, Kota Bahari memiliki potensi yang luar biasa. Sehingga, para pelaku ekonomi kreatif di Tegal perlu di dorong untuk memiliki kemampuan desain produk.

"Karenanya, perlu ada pelatihan agar para pelaku ekonomi kreatif di Tegal punya kemampuan desain produk. Sehingga, mereka mampu menaikan nilai produksinya agar dapat menarik minat pasaran," katanya.

BACA JUGA: Naikkan Derajat, Pelaku Ekonomi Kreatif di Tegal Didorong Punya Sertifikasi Kompetensi Usaha Standar ASEAN

Menurut Fikri, selama ini substansinya sudah bagus dengan menampilkan produk orisinil asli dari Tegal. Hanya saja perlu polesan terhadap produk mereka agar semakin banyak diminati.

"Polesan itu, bisa dari packagingnya atau penasarannya yang lebih kreatif. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi saat ini," ujarnya.

Karenanya, ujar Fikri, melalui bintek itu para pelaku ekraf bisa meningkatkan value produk mereka. Sehingga, akan memperbesar minat pasar untuk memesannya yang endingnya akan meningkatkan keselamatan.

Ketua Tim Kolaborasi Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif dengan Pentahelix Jemmy Alexander mengatakan bicara soal potensi Tegal sangat luar biasa. Namun, memang perlu adanya peringkat kelas produk, sehingga harapannya ada value edit dan ujungnya bisa menjadi kekayaan intelektual.

BACA JUGA: Pengelola Wisata dan Pelaku Ekonomi Kreatif Berlatih Tata Kelola Destinasi

"Materi bintek kali ini tentang subsektor desain produk memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar dengan memolesnya. Harapannya bisa ada peningkatan value edit bahkan sampai menjadi hak kekayaan intelektual," terangnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Tegal Irkar Yuswan Appendi menambahkan pihaknya menyambut baik kegiatan tersebut. Sebab, pelaku ekraf di Tegal memang perlu sentuhan agar mereka memiliki kemampuan mendesain produk.

"Pelaku ekonomi kreatif di Tegal Perlu ditingkatkan kemampuannya dalam desain karena akan meningkatkan nilai tambah. Sebab, mereka telah memberikan kontribusi ekonomi baik di daerah maupun secara nasional," ujar Irkar. (*)

Sumber: