Mitos Menyapu di Malam Hari, Benarkah Bikin Rezeki Jadi Seret? Ini Penjelasan Selengkapnya

Mitos Menyapu di Malam Hari, Benarkah Bikin Rezeki Jadi Seret? Ini Penjelasan Selengkapnya

Ilustrasi. Mitos menyapu di malam hari --Tangkap layar YouTube Wowo dan teman-teman

RADAR TEGAL- Pastinya kalian sudah tidak asing lagi mendengar mitos menyapu di malam hari yang beredar di lingkungan masyarakat. Konon katanya bisa bikin rezeki seret maupun mengundang mahluk gaib.

 

Menurut orang leluhur zaman dahulu tentang mitos menyapu di malam hari sama saja seperti dengan membuang-buang rezeki. Hal ini diyakini akan membawa sesuatu negatif untuk diri sendiri maupun keluarga.

 

Mitos menyapu di malam hari sudah menjadi tradisi budaya yang melekat dan dipercaya dari turun temurun. Bahkan hingga saat ini masih menjadi kebudayaan masyarakat yang masih terjaga.

 

Masyarakat yang masih berpegang teguh akan mitos menyapu di malam hari mereka lebih memilih untuk menyapu di siang hari saja. Hal ini menurut kepercayaan mereka supaya kehidupan rumah tangga tetap aman dan terjaga.

BACA JUGA: Mitos Air Terjun Sri Gethuk, Suara Gaib Gamelan dan Sosok Raja Jin Anggo Meduro

Namun kalau kita kaitkan dengan aktivitas menyapu di malam hari memang bisa mengganggu anggota keluarga yang sedang istirahat. Selain itu, menyapu rumah di malam hari juga bisa kurang bersih karena dikhawatirkan kotoran yang disapu tidak terlihat.

 

Oleh karena itu lebih baik menyapu di siang hari dibandingkan malam hari. Supaya semua debu kotoran di lantai bersih secara maksimal.

 

Alasan lainnya juga misalnya menyapu di malam hari ini adalah waktu yang tidak tepat. Pasalnya saat malam hari adalah waktu yang tepat untuk beristirahat dan tubuh mudah lelah.

 

Apalagi jika seharian telah sibuk bekerja maupun sibuk mengurus anak. Nantinya jika memaksakan menyapu di malam hari akan kurang konsentrasi dan kurang maksimal.

BACA JUGA: Mitos Air Terjun Grojogan Sewu, Dari Roh Leluhur, Kretek Pegat, Kakek Penunggu Hingga Patung Ular

Jadi kamu dapat membersihkannya sebelum berangkat kerja maupun sembari mengurus anak di waktu luang. Tentunya ini lebih bagus karena kondisi tubuh masih fit dan aktivitas menyapu dapat bersih secara maksimal.

 

Asal-usul mitos menyapu di malam hari

 

Tahukah kamu bahwa asal-usul mitos menyapu di malam hari ini bukan hanya di Indonesia saja loh. Kepercayaan akan tentang hal ini berasal dari banyak budaya di seluruh dunia.

 

Beberapa orang menganggap mitos menyapu di malam hari ini dapat membawa keberuntungan. Namun sebagian orang lainnya juga mempercayai bahwa aktivitas menyapu di malam hari dapat mengusir roh jahat ataupun hal negatif di dalam rumah tersebut.

 

Asal- usul mitos menyapu di malam hari diperkirakan berasal dari kepercayaan kuno di mana di waktu tersebut adalah roh jahat berkeliaran. Jadi mereka melakukan aktivitas menyapu yang tujuannya untuk membersihkan dan melindungi rumah dari gangguan spiritual.

 

Kendati asal-usul mitos menyapu di malam hari dari tradisi kuno, masih banyak orang yang masih melakukan aktivitas ini sebagai bagian dari kepercayaan dan tradisi mereka. 

BACA JUGA: Rahasia Mitos Bunyikan Klakson di Tempat Angker, Benarkah agar Terhindar Kecelakaan di Jalan?

Mitos menyapu di malam hari menurut Islam

 

Lalu bagaimana hukum menyapu di malam hari? Apakah diperbolehkan atau dilarang? Dikutip dari laman NU Online menyapu di malam hari dapat membuat rezeki kita menjadi seret. Hal ini terdapat di dalam kitab Ta’lim al-Muta'allim karya az-Zarnuji yang di dalamnya selain menyapu di malam hari dan terdapat 34 aktivitas lainnya yang dipercaya dapat membuat rezeki menjadi seret.

 

Meskipun demikian, NU menyebutkan bahwa terkait rezeki ini sudah ditentukan oleh Allah SWT. Sehingga sebagai umat muslim hendaknya tetap berusaha dan berdoa untuk menjemput rezeki.

 

Namun dalam laman web pusat kajian hadis Indonesia menyebutkan hukum menyapu di malam hari menurut Islam, tidak ada hadisnya sama sekali, apalagi hadis sahih.

 

BACA JUGA: Menguak Pasar Setan dalam Mitos Gunung Arjuno di Jawa Timur, Tawar Menawar di Jam 12 Malam hingga 3 Pagi

 

Demikian pembahasan tentang mitos menyapu di malam hari. Terima kasih telah membaca artikel ini semoga dapat menambah wawasan baru yah. (*)

Sumber: