Menguak Pasar Setan dalam Mitos Gunung Arjuno di Jawa Timur, Tawar Menawar di Jam 12 Malam hingga 3 Pagi

Menguak Pasar Setan dalam Mitos Gunung Arjuno di Jawa Timur, Tawar Menawar di Jam 12 Malam hingga 3 Pagi

Menguak Pasar Setan dalam Mitos Gunung Arjuno, Suara Tawar Menawar di Jam 12 Malam hingga 3 Pagi-mitos-radar tegal

RADAR TEGAL - Mitos Gunung Arjuno telah mengilhami banyak orang selama berabad-abad. Dengan cerita-cerita misteri yang memikat, gunung ini punya pesona tentang keajaiban alam dan petualangan epik.

Sebagai salah satu gunung tertinggi di Jawa bagian timur, keberadaannya melambangkan kekuatan dan keagungan alam. Menjadikan nuansa mitos Gunung Arjuno kian melekat.

Di balik kemegahannya yang menakjubkan, tersembunyi kisah-kisah mistis yang menambah misteri dan mitos Gunung Arjuno ini. Dari puncaknya yang menjulang hingga hutan lebat di kaki gunung, setiap sudut Arjuno menyimpan cerita yang mengundang rasa ingin tahu dan kekaguman.

Mari kita telusuri lebih dalam ke dalam mitos Gunung Arjuno dan terpesona dengan keindahan serta misterinya.

BACA JUGA: 5 Mitos Gunung Ciremai yang Kontroversial, Salah Satunya Menjadi Sarang Harimau Mata Satu

Mitos dan misteri Gunung Arjuno yang mengerikan

Gunung Arjuno, salah satu gunung terpopuler di Jawa Timur, menyimpan banyak misteri dan mitos yang melegenda. Salah satu yang paling terkenal adalah kisah tentang "Pasar Setan".

Sebuah pasar gaib yang ramai terdengar di malam hari, meneror para pendaki dengan suara tawar menawar dan keramaian layaknya pasar tradisional. Menurut cerita, Pasar Setan ini terletak di kawasan Alas Lali Jiwo, sebuah hutan lebat di lereng Gunung Arjuno.

Konon, para pendaki yang tersesat di hutan ini akan digoda oleh suara-suara misterius dan terjebak dalam Pasar Setan, tak bisa menemukan jalan keluar. Suara Pasar Setan biasanya terdengar pada malam hari, antara jam 12 malam hingga 3 pagi.

Suara tawar menawar, gonggongan anjing, dan tangisan bayi terdengar begitu nyata, membuat para pendaki ketakutan dan panik. Banyak pendaki yang mengaku pernah mendengar suara Pasar Setan ini. 

BACA JUGA: Jawa Akan Terbelah? Begini Kebenaran Mitos Gunung Slamet Mengenai Ramalan Jayabaya

Cerita tentang Pasar Setan ini memang sudah lama beredar di kalangan pendaki Gunung Arjuno. Ada yang percaya bahwa Pasar Setan ini benar-benar ada, namun ada juga yang menganggapnya hanya halusinasi pendaki yang kelelahan.

Teori ilmiah di balik mitos pasar setan

Sumber: