6 Tips Kuat Puasa dan Tetap Produktif yang Bisa Kamu Coba, Nomor 5 Wajib Praktik

6 Tips Kuat Puasa dan Tetap Produktif yang Bisa Kamu Coba, Nomor 5 Wajib Praktik

--

RADAR TEGAL- Menjalani ibadah puasa adalah hal yang penting. Meski kamu sedang menahan hawa lapar dan haus tetapi kamu harus kuat puasa agar tetap produktif untuk melakukan aktivitas.

Saat menjalani puasa, tiap individu belajar untuk bisa lebih bersabar, berbagi dan menghargai orang lain. Namun, tentu masih ada beberapa individu yang merasa kesulitan untuk mengendalikan dirinya untuk tidak lemas, bagaimana sih agar kuat puasa tetap produktif?

Untuk itu, ada beberapa tips kuat puasa agar tetap produktif yang bisa membantumu menjalankan puasa Ramadhan dengan lancar seharian. Seperti pada rangkuman dari berbagai sumber berikut.

Berikut adalah tips kuat puasa agar tetap produktif yang bisa langsung kamu praktikkan hari ini.

BACA JUGA: Buah Khas Ramadhan, Ini Dia 5 Manfaat Timun Suri untuk Berbuka Puasa Bagi Tubuh Kita

1. Niat

Niat adalah nomor 1, karena ketika  sudah memiliki niat untuk bekerja dengan semangat dan produktifitas yang tinggi, maka puasa tidak menjadi alasan untuk bermalas-malasan dalam bekerja. Bahkan para pemain sepak bola dunia tetap produktif dan bermain ketika menjalankan puasa dengan hasil yang tetap memuaskan.

Sudah kewajiban bagi yang beragama muslim menjalankan puasa, seperti menahan lapar, menahan nafsu, dan lainnya. Ingat ketika sahur dan berbuka puasa, itulah saatnya mengisi energi dalam tubuh.

Namun, bukan berarti porsi makanan yang diambil harus berlebihan. Untuk sahur, makanlah secukupnya, karena makan berlebihan akan membuat badan lemas dan mengantuk.

Pilih menu-menu yang seimbang, dalam artian yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat. Terutama makanan yang mengandung serat akan dapat membantu menahan rasa lapar.

BACA JUGA: 4 Menu Buka Puasa Sehat Tanpa Buat BB Naik, Masaknya Praktis Kaya Nutrisi

Perbanyaklah konsumsi sayur dan buah. Kamu bisa mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung protein dan karbohidrat saat berbuka puasa, tetapi jangan sampai berlebihan.

2. Porsi Makan yang Cukup

Pada saat sahur, Anda bisa mengonsumsi banyak air mineral, smoothies, berbagai olahan telur, atau oatmeal. Meskipun terlihat banyak, tetapi makanan itu akan cukup untuk memenuhi kebutuhan asupanmu selama berpuasa.

Sumber: