8 Tips Terlihat Cantik dengan Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Segar Saat Puasa Ramadhan

8 Tips Terlihat Cantik dengan Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Segar Saat Puasa Ramadhan

RAHASIA CANTIK - Terlihat Cantik dengan Menjaga Kesehatan Kulit agar Tetap Segar saat Puasa--

RADAR TEGAL – Puasa saat Ramadhan selain menjaga stamina tubuh, kita perlu juga menjaga kesehatan kulit agar tetap segar saat puasa loh.

Jangan sampai saat lebaran kulit Anda malah lebih kusam atau bermasalah. Itulah mengapa kita perlu menjaga kesehatan kulit agar tetap segar saat puasa mulai sekarang.

Seperti yang kita tau bahwa di saat berpuasa, ada kalanya tubuh kekurangan asupan cairan mengakibatkan kulit tampak kusam dan pucat. But, no worries ada kok cara untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap segar saat puasa.

Agar terhindar dari permasalahan kulit yang mungkin muncul, lakukanlah tips menjaga kesehatan kulit agar tetap segar saat puasa.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Takjil Buka Puasa Ramadhan 2024 yang Mudah Dibuat di Rumah

8 tips menjaga kesehatan kulit saat berpuasa

1. Minum Air Putih yang Cukup

Menjaga asupan cairan dalam tubuh dapat membantu Anda untuk menjaga Kesehatan kulit. Pastikan kebutuhan air tercukupi saat sahur dan berbuka puasa.

Asupan cairan yang cukup dapat meningkatkan sistem imun, menjaga Anda tetap terhidrasi, dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

Cobalah untuk membuat infused water dengan cara mencampurkan air dengan buah-buahan.

  •    Daun mint, mentimun, dan lemon.
  •    Daun mint, nanas, dan jeruk
  •    Blueberries, jerus nipis, dan raspberries.

Hindari minuman yang mengandung kafein karena memiliki sifat diuretik. Tubuh akan lebih mudah mengeluarkan cairan sehingga beresiko mengalami dehidrasi jika Anda nekat meminum minuman yang mengandung kafein.

BACA JUGA: 5 Game Seru untuk Mabar Menunggu Buka Puasa, Offline atau Online Sama Saja Ramai

2. Konsumsi Makanan Sehat

Tips menjaga kesehatan kulit agar tetap segar saat puasa berikutnya dengan mengonsumsi makanan sehat. Saat sahur dan berbuka sering-seringlah mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.

Contohnya seperti buah-buahan dan kacang-kacangan. Makanan jenis ini akan membantu kulit Anda tetap terhidrasi serta memberikan tubuh Anda asupan vitamin, mineral, dan serat yang baik.

3. Gunakan Sunblock

Lebih baik jika Anda selalu memakai sunscreen dan sunblock untuk melindungi wajah dan tubuh Anda dari tabir surya saat akan pergi ke luar.

Jika Anda tidak rajin menggunakan sunblock saat kondisi kulit sedang kurang cairan, akan rentan terkena permasalahan pada kulit.

BACA JUGA: Kenali Perbedaan Sunblock dan Sunscreen Sebelum Menggunakannya!

4. Gunakan Pelembab Wajah

Moisturizer atau pelembab wajah berfungsi untuk tetap menjaga kulit Anda dalam kondisi lembab. Jadi pastikan selalu membawa pelembab dan mengoleskan ulang setiap beberapa jam.

5. Rajin Menggunakan Skincare

Tips ini merupakan kunci menjaga kesehatan kulit agar tetap segar saat puasa.

Saat berpuasa, waktu tidur Anda mungkin berkurang karena akan sering tidur dini hari. Dengan rutin menggunakan skincare akan sangat membantu dalam merawat kulit.

6. Lakukan Perawatan Tambahan

Cara merawat dan menjaga kesehatan kulit tiap orang berbeda. Jika diperlukan, Anda bisa melakukan perawatan untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap segar saat puasa.

BACA JUGA: HEMAT! Begini Cara Perawatan Kulit Tanpa Harus ke Spa, Mudah dan Efektif

Contoh sederhana, dengan rutin menggunakan masker wajah seminggu empat kali untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit. Carilah jenis masker yang berfokus pada dua hal tersebut.

Selain itu, konsumsilah vitamin untuk permasalahan kulit. Jika nantinya tetap terjadi permasalahan pada kulit, Anda bisa konsultasi dengan dokter.

7. Minum Vitamin dan Suplemen

Vitamin dan suplemen yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit di antaranya ialah vitamin C, A, dan E serta selenium dan zinc.

Konsumsi suplemen dan vitamin tersebut saat sahur dan berbuka puasa.

BACA JUGA: Sangobion: Suplemen untuk Mengatasi Anemia dan Meningkatkan Kesehatan Tubuh

8. Hindari Cuci Muka Terlalu Sering

Selama berpuasa, kulit Anda menjadi kering dan dehidrasi. Jika terlalu sering mencuci muka, hanya akan mengakibatkan kulit Anda bertambah kering.

Sebagai gantinya, jika kulit Anda kering coba gunakan face mist atau face spray agar wajah terlihat lebih segar.

Kesimpulan

Kesehatan kulit tidak hanya di wajah saja, perlu diperhatikan juga keseluruhan bagian tubuh Anda. Perhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi saat sahur dan buka puasa.

Sampai di sini rahasia menjaga kesehatan kulit agar tetap segar saat puasa. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. (*)

Sumber: