5 Rekomendasi AC Hemat Listrik, Dinginnya Sampai Sudut Ruangan

5 Rekomendasi  AC Hemat Listrik, Dinginnya Sampai Sudut Ruangan

5 Rekomendasi AC Hemat Listrik.--

RADAR TEGAL – Saat memasuki musim panas, udara di ruangan terasa lebih panas dari biasanya bukan. Nah, salah satu  hal yang bisa menjadi solusinya yakni dengan menggunakan rekomendasi AC hemat listrik berikut  ini.

Dengan Anda memilih rekomendasi AC hemat listrik berikut ini, maka pengeluaran listrik Anda tidak akan membengkak. Lalu apa saja rekomendasinya?

Rekomendasi AC hemat listrik di bawah ini biasanya mempunyai kapasitas pendinginan yang lebih rendah dibandingkan dengan AC lainnya. Baca sampai akhir sebelum memutuskan membeli salah satu merek.

Bagi Anda yang masih bingung harus memilih AC mana, maka rekomendasi AC hemat listrik berikut ini bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda. Berikut ulasannya.

BACA JUGA: 4 Rekomendasi AC Hemat Listrik 1/2 PK Terbaik dan Terlaris Tahun 2024, Harga Mulai 2 Jutaan

Sebelum membahas rekomendasi AC hemat listrik, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu tentang AC inverter. Ini merupakan salah satu jenis AC hemat listrik yang lebih canggih.

AC interver diketahui menggunakan teknoogi yang dapat mengatur putaran kompresor sehingga dapat mengecilkannya pada saat sudah mencapai suhu yang Anda inginkan. Tidak hanya itu, penting bagi Anda untuk bisa memilih AC sesuai dengan kapasitas ruangan.

Adapun untuk ruangan seluas 13m2 maka bisa memilih AC dengan kapasitas 1 PK. Kemudian, untuk luas ruang 10m2 bisa menggunkan AC1/2 PK atau ¾ PK. Jadi, semakin kecil PK maka akan semakin murah harganya.

Rekomendasi AC hemat listrik

1. Changhong CSC Series

AC dari Changsong ini mempunyai  fitur unggulan Turbo Jet Cool yang dapat memastikan ruangan Anda dingin merata hingga ke sudut ruangan. Jenis AC yang satu ini  memiliki refrigerant tipe R-32.

BACA JUGA: Rekomendasi AC Hemat Listrik 200 Watt Terlaris di Tokopedia, Rating 5 Terpopuler

Refrigerant R-32 atau freon sendiri terkenal ramah lingkungan karena tidak merusak ozon dan indeks pemanasan globalnya rendah. Untuk daya listrik yang dibutuhkan yakni 330 watt.

Berikut ini dua  rekomendasi AC Changhong hemat listrik.

  • Changhong CSC05RDX3 0,5PK
  • Chanhong CSC-09NVB4.

2. AC Samsung AR05 Series

Tahukah Anda bahwa jenis AC Samsung ini mempunyai fitur unggulan fast cooling mode dan filter HD yang bisa  membuat ruangan Anda jadi cepat dingin. Sehingga AC Anda tidak terus-terusan bekerja keras dan membuat tagihan listrik jadi naik.

Untuk daya lisrik yang dibutuhkan yakni 350 watt. Bagi Anda yang masih bingung, berikut ini daftar AC Samsung yang bagus dan hemat listrik sebagai berikut.

BACA JUGA: Harga AC Hemat Listrik 200 Watt Mulai Rp2 Jutaan, Dingin Maksimal Tagihan Listrik Minimal

 

  • AC Samsung AR05 Standard 0,5 PK
  • Samsung 05BGH SPLIT
  • Samsung AR05JRFSVURN
  • Samsung AR-5KRFLAW.

3. AC Daikin FTV15BXV14

AC Daikin ini membutuhkan daya listrik 380 watt. Adapun fitur yang menarik dari AC ini adalah menggunakan jenis freon R-32. Harga jual AC ini mulai dari Rp3,5 jutaan.

4. AC Sharp AH Series

Fitur unggulan AC Sharp AH Series ini adalah Jetstream G9 yang bisa mendinginkan ruangan dengan cepat. Selain itu Sharp juga melengkapi AC-nya dengan fitur Coanda Air Flo yang memastikan udara sejuk menyebar secara rata. 

Berikut dua rekomendasi AC Sharp:

  • SHARP AH A5UDL Standard 1/2PK
  • Shatp AH-A5CUY
  • AC Sharp AH-XP10UHY.

BACA JUGA: 5 Pilihan AC Hemat Listrik 200 Watt Terbaik, Beri Kesejukan Tanpa Khawatir Tagihan Listrik Membengkak

5. Midea MSAF Series

AC Midea  bisa menjadi pilihan menarik  untuk Anda yang sedang mencari desain AC yang lebih kekinian dengan harga mulai mulai Rp3 jutaan saja. Untuk daya listrik yang diutuhkan yakni mulai dari 300 watt untuk AC ½ PK. Salah satu rekomendasinya yakni Midea  Standar 0,75PK MSAF-07CRN2.

Lima Jenis AC yang populer di Indonesia

1. AC Split

AC Split merupakan sistem pendinginan ruangan yang terdiri atas dua bagian utama yakni unit indor dan unit outdoor. Untuk unit indoor dapat Anda pasang dalam ruangan untuk bisa menghembuskan udara dingin.

Sedangkan unit outdoor dapat Anda tempatkan di luar ruangan dan berfungsi untuk mengekstrak panas dari ruangan. Jenis AC tersebut merupakan jenis AC yang paling umum dan populer digunakan terutama untuk rumah dan ruangan kantor.

Terdapat beberapa AC Split meliputi Split System Standard, AC Split Ducted, AC Split Cassette, AC Split Wall-Mounted, Multi Split System, AC Split Inverter dan AC Split Window.

BACA JUGA: Merek AC Hemat Listrik Kualitas Paling Baik, Konsumsi Daya Cuma 300-an Watt Tapi Dingin Maksimal

2.  AC Window

AC Window atau AC jendela merupakan sistem pendinginanudara yang terdiri atas satu unit tunggal yang terpasang di jendela atau  lubang  tembok khusus. Untuk unit kompak ini dirancang untuk memberikan pendinginan satu ruangan atau area tertentu.

AC Window ini umumnya lebih cocok untuk ruangan kecil dan pemasangannya juga terbatas pada jendela atau tembok yang memungkinkan penggunaan unit ini. Dibandingkan dengan jenis AC lainnya, AC Window merupakan AC paling hemat energi karena tidak perlu mengeluarkan banyak  biaya perawatan dan biaya tagihan listrik.

3. AC Tower/Flooor Standing

AC Tower atau AC Floor Standing merupakan jenis sistem pendinginan udara yang mempunyai bentuk menara atau tegak, berdiri di lantai dan menyediakan pendinginan untuk ruangan dengan desain vertikal. Berbeda dengan AC jendela atau dinding yang terpasang di atas atau di dalam dinding, AC Tower ini berdiri sendiri di lantai dan seringkali memiliki desain yang ramping dan elegan.

Jenis AC ini cocok untuk ditempatkan di sudut ruangan atau di area yang tidak dapat dijangkau oleh jenis AC lain.

BACA JUGA: 5 AC Hemat Listrik Termurah Sensasi Sejuk Tanpa Pusing Tagihan Listrik, Harga Cuma Rp2 Jutaan

Demikian ulasan mengenai Rekomendasi AC hemat listrik. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: