Berikut ini 5 Kesalahan Penggunaan AC, Jangan Abaikan Jika Tak Mau Nyesel

Berikut ini 5 Kesalahan Penggunaan AC, Jangan Abaikan Jika Tak Mau Nyesel

Salah satu termasuk dalam kesalahan penggunaan AC ialah jarang membersihkannya yang mengakibatkan bertumpuknya debu.--

RADAR TEGAL - Di tengah teriknya cuaca panas, AC bagaikan penyelamat yang menghadirkan kesejukan dan kenyamanan di dalam ruangan. Namun, tahukah kita bahwa ada beberapa kesalahan penggunaan AC yang sering dilakukan dan ternyata keliru? 

Kesalahan-kesalahan penggunaan AC ini dapat mengakibatkan AC boros energi, kurang dingin, bahkan berujung pada kerusakan. Tidak mau mengalami hal itu kan?

Sebelum menyesal, alangkah baiknya bahwa kita mengetahui apa saja kesalahan penggunaan AC tersebut? Pemilik AC wajib menyimak.

Yuk, simak 5 kesalahan penggunaan AC yang harus kita hindari agar ruangan tetap sejuk tanpa menguras dompet. Berikut artikelnya telah kami rangkum dari berbagai sumber, simak sampai akhir.

BACA JUGA: Review AC Dinding LG T06EV4, Punya 7 Keunggulan Plus Peforma Pendingan Maksimal, Udara Bersih dan Sejuk

Menyetel suhu terlalu rendah

Keinginan untuk mendapatkan ruangan yang cepat dingin sering kali mendorong kita untuk menyetel suhu AC ke minimum. Namun, kebiasaan ini justru kontraproduktif dan termasuk kesalahan penggunaan AC. 

Menyetel suhu AC terlalu rendah, misalnya di bawah 20°C, tidak hanya membuat AC bekerja ekstra keras dan boros energi, tetapi juga dapat berdampak buruk pada kesehatan. Suhu ruangan yang terlalu dingin dapat menyebabkan tubuh mudah lelah, terserang sakit kepala, dan bahkan memicu hipotermia.

Suhu AC ideal yang direkomendasikan adalah antara 24°C - 26°C. Pada kisaran suhu ini, ruangan akan terasa sejuk dan nyaman tanpa membuat AC bekerja berlebihan. Selain itu, aturlah kecepatan kipas AC sesuai kebutuhan. 

Gunakan kecepatan tinggi saat ruangan ingin didinginkan dengan cepat, dan atur ke kecepatan rendah untuk menjaga suhu ruangan yang sudah dingin.

BACA JUGA: Dampak Positif dan Negatif Menyalakan AC 24 Jam, Begini Tips Ruangan Tetap Dingin Tanpa Risiko

Jarang membersihkan AC

Filter AC yang kotor merupakan salah satu kesalahan penggunaan AC dan faktor utama yang menyebabkan AC tidak dingin dan boros energi. Debu dan kotoran yang menumpuk di filter menghambat aliran udara, sehingga AC harus bekerja lebih keras untuk mencapai suhu yang diinginkan.

Selain itu, filter AC yang kotor dapat menjadi sarang bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan bau tidak sedap dan mengganggu kesehatan.

Sumber: