Cara Mengatasi Motor Listrik Terendam Banjir, Pastikan untuk Periksa dengan Teliti

Cara Mengatasi Motor Listrik Terendam Banjir, Pastikan untuk Periksa dengan Teliti

Berikut cara mengatasi motor listrik terendam banjir--

RADAR TEGAL - Seperti halnya motor konvensional, motor listrik juga rentan terhadap ancaman lingkungan, salah satunya adalah banjir. Banjir bukan hanya mengganggu aktivitas sehari-hari kita, tetapi juga dapat menjadi mimpi buruk bagi pemilik yang perlu mengetahui cara mengatasi motor listrik terendam banjir. 

Tentunya air yang menggenangi jalanan berpotensi merusak komponen vital motor listrik. Sebelum hal itu terjadi, cara mengatasi motor listrik terendam banjir wajib diketahui.

Pasalnya, kerusakan akibat terendam banjir bisa menyebabkan motor tidak berfungsi dengan baik, bahkan membahayakan keselamatan pengendara. Lalu bagaimana mengatasi motor listrik terendam banjir?

Berikut adalah beberapa langkah cara dan tips mengatasi motor listrik terendam banjir yang bisa kita lakukan. Simak sampai akhir ya.

BACA JUGA: Motor Listrik Terbaik di IIMS 2024, Mulai dari Kawasaki Ninja E1 sampai Rakata NX8 Siap Mengaspal di Tanah Air

Evakuasi motor segera

Langkah pertama mengatasi motor listrik terendam banjir yang harus dilakukan adalah segera evakuasi motor ke tempat yang aman dan kering. Menghidupkan motor atau mencopot baterai saat masih basah dapat berakibat fatal dan membahayakan keselamatan.

Air yang masuk ke dalam motor dapat menyebabkan korsleting pada sistem kelistrikan, yang berpotensi menimbulkan percikan api dan kebakaran.

Keringkan motor secara menyeluruh

Setelah motor dievakuasi, keringkan untuk mengatasi motor listrik terendam banjir ke seluruh bagian motor dengan kain lap yang bersih. Pastikan tidak ada air yang tersisa di bagian bodi, motor, baterai, dan komponen lainnya.

Penggunaan kipas angin atau hair dryer dapat mempercepat proses pengeringan. Air yang tertinggal di dalam motor dapat menyebabkan karat dan kerusakan pada komponen elektronik.

BACA JUGA: Simulasi Kredit Motor Listrik Honda EM1 e: Angsuran per Bulan Cuma Rp1,333 Juta, DP-nya Berapa ya?

Periksa komponen vital dengan seksama

Setelah motor kering, periksa kondisi komponen vital seperti baterai, controller, dan motor listrik dengan seksama. Pastikan tidak ada kerusakan fisik atau korsleting pada komponen-komponen tersebut. Periksa juga kabel dan konektor untuk memastikan tidak ada kerusakan. Jika ditemukan kerusakan, segera bawa motor ke bengkel terpercaya untuk diperbaiki. 

Sumber: