[HOAKS] Amankan KPU dan BAWASLU dari DEMO Mahasiswa dan Rakyat, Panser dan TANK TNI Diturunkan

[HOAKS] Amankan KPU dan BAWASLU dari DEMO Mahasiswa dan Rakyat, Panser dan TANK TNI Diturunkan

SALAH - Tangkapan layar video yang menarasikan tindakan pengamanan demo mahasiswa dan rakyat ke kantor KPU dan Bawaslu.--

RADAR TEGAL - Akun media sosial Facebook “Cita Damanik” mengunggah video yang seolah-olah TNI dikerahkan untuk amankan demo mahasiswa dan rakyat di Bawaslu.

Unggahan serupa juga dilakukan akun twitter dengan nama @/Lenabon4 pada, Selasa 27 Februari 2024 lalu. Dalam akun itu mengunggah tayangan video beberapa tank dan panser. 

Video tersebut dinarasikan sebagai bentuk pengamanan TNI kepada KPU dan Bawaslu terkait aksi demo mahasiswa dan rakyat.

Panser dan TANK diturunkan untuk Amankan KPU dan BAWASLU dari Mahasiswa dan Rakyat yang akan DEMO. Panser diturunkan jenisnya sama ketika kerusuhan Mei 98 dan Tanjung Priok !

Maksudnya apa Mr. Presiden ??!

#panser #tank #demo #pemilucurang2024 #Pemilu2024 #Intimidasi #Lawan

SUMBER: https://twitter.com/Lenabon4/status/1762325725418525080?s=20 ( https://archive.md/gPg4Q arsip)

Fakta yang sebenarnya

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut merupakan parade kendaaran tempur saat melintas di Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat. Yakni ketika peringatan HUT TNI pada, 5 Oktober 2023lalu.

Video yang beredar tidak terkait dengan pengamanan pemilu atau penanganan demonstrasi di depan Bawaslu. Sehigga klaim tentang TNI dikerahkan untuk amankan demo mahasiswa dan rakyat di kantor Bawaslu salah dan termasuk kategori konten yang menyesatkan.

Bantahan terkait hal itu dikeluarkan Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Kristomei Sianturi. Menurutnya video iring-iringan kendaraan tempur (ranpur) TNI di jalan raya yang dinarasikan secara provokatif seolah-olah pemerintah melalui TNI menerapkan Darurat Keamanan Nasional di depan kantor Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu).

Sekadar informasi, setiap tahun TNI AD melakukan parade alutsista pada HUT TNI. Saat parade, TNI AD mengeluarkan ranpur-ranpur untuk diikutsertakan dalam festival.

Karena itu, narasi bahwa parade dalam video merupakan bagian pengamanan TNI di kantor Bawaslu dan KPU dari aksi demo mahasiswa dan rakyat, adalah tidak benar.

Sumber: