Tak Perlu Pusing, Begini Cara Menghapus Data Pinjol Ilegal Secara Permanen

Tak Perlu Pusing, Begini Cara Menghapus Data Pinjol Ilegal Secara Permanen

Cara Menghapus Data Pinjol Ilegal--

RADAR TEGAL - Pinjaman online atau pinjol kini sedang marak digunakan oleh beberapa masyarakat di Indonesia. Berikut ini cara menghapus data pinjol ilegal.

Pinjol kini menjadi salah satu solusi praktis yang digunakan oleh masyarakat guna memenuhi kebutuhannya. Namun, beberapa orang justru terjebak dalam lingkaran pinjol ilegal. Berikut ini cara menghapus data pinjol ilegal.

Bagi Anda yang ingin terlepas dari  pinjaman online ilegal. Kini, terdapat beberapa cara menghapus data pinjol ilegal yang perlu Anda ketahui.

Dengan mengikuti cara menghapus data pinjol ilegal berikut ini, mungkin saja bisa memberikan solusi bagi Anda. Namun, jangan sampai Anda lari dari tanggung jawab Anda dalam melunasi utang, ya.

BACA JUGA: 4 Cara Menghapus Data Pribadi di Aplikasi Pinjol 2024, Cukup Pakai HP Semua Teratasi

Seperti yang Anda ketahui bahwa melakukan pinjaman uang melalui  pinjol memang sangat mudah dan lebih praktis. Dengan pinjol, uang yang Anda pinjam bisa langsung cair dalam hitungan menit tanpa proses  yang rumit.

Namun sayangnya, ketika Anda ingin melakukan pinjaman di pinjol. Anda perlu menyertakan data pribadi seperti KTPdan foto selfie.

Data tersebut, dikhawatirkan dapat disalahgunakan. Apalagi jika data Anda masih tersimpan di layanan pinjol ilegal. Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara menghapus data pinjol ilegal  yang perlu Anda ketahui.

Cara Menghapus Data di Aplikasi Pinjol Secara Permanen

BACA JUGA: Cara Menghapus Data Pribadi di Pinjol dengan Jitu, Dijamin Data Pribadi Aman Tak Tersebar

Tahukah Anda bahwa sebelum melakukan cara menghapus data  pinjol, terdapat beberapa syarat ketika Anda ingin melakukan penghapusan data  pinjol yakni dengan melakukan pelunasan utang yang ada. Setelah utang Anda selesa, maka Anda bisa melakukan hapus data.

Berikut ini cara menghapus data pinjol ilegal

1. Menghapus Data Pinjol Melalui Aplikasi

Pertama-tama, buka aplikasi pinjol yang Anda gunakan. Kemudian, cari pengaturan aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menghapus data atau mereset aplikasi secara keseluruhan.

Dengan langkah ini, Anda bisa membersihkan data yang tersimpan di aplikasi pinjol.

2. Menghapus Aplikasi Pinjol

Apabila Anda tidak memerlukan aplikasi pinjol lagi, maka cukup uninstal aplikasi tersebut dari perangkat smartphone Anda.

BACA JUGA: Manfaatkan 2 Lembaga Pemerintah Ini untuk Pelunasan Hutang Pinjol, Aman dan Gak Ribet

Dengan cara ini, maka bisa menghapus semua data yang terkait dengan aplikasi pinjol dari perangkat Anda.

3Hapus Data Pinjol dengan Menghubungi Call Center Pinjol

Cara selanjutnya, Anda  bisa menghubungi call center  atau  layanan pelanggan pinjol serta ajukan permintaan untuk menghapus data pribadi Anda dari sistem Mereka.

Nantinya,  pihak pinjol akan memberikan panduan lebih lanjut mengenai apa saja  yang harus  Anda lakukan untuk bisa menghapus data secara efektif.

4. Hubungi Otoritas Jasa Keuangan

Apbila Anda tidak berhasil  dengan cara-cara di atas. Maka, Anda bisa mengcoba cara  terakhiryakni degan menghubungi pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau pun lembaga  pengawas keuangan terkait  untuk meminta bantuan dalam menghapus data dari pinjol yang bersangkutan.

BACA JUGA: Cara Nonaktifkan Pinjol Akulaku Agar Aman dari Pencurian Data, Cukup Pakai HP

Dengan mengikuti langkah menghapus data pinjol di atas, maka Anda bisa menghapus data pribadi  Anda dari aplikasi pinjol dengan efektif dan aman. Sehingga, privasi dan keamanan mengenai informasi pribadi  Anda bisa aman.

Cara menghapus data aplikasi pinjol di HP

  • Buka aplikasi pinjol yang terdapat di ponsel Anda atau  yang Anda gunakan
  • Kemudian, masuk ke pengaturan dan pilih akun
  • Pilih hapus informasi pribadi atau tutup akun
  • Data pribadi di aplikasi pinjol berhasil dihapus.

Demikian ulasan mengenai cara menghapus data pinjol ilegal. Namun perlu Anda ingat bahwa, sebelum menghapus data tersebut ada baiknya, Anda sudah melunasi semua utang, ya. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: