Gak Boleh Asal Tagih, DC Pinjol Harus Punya 5 Izin Ini sebelum Datang ke Rumah Nasabah

Gak Boleh Asal Tagih, DC Pinjol Harus Punya 5 Izin Ini sebelum Datang ke Rumah Nasabah

5 izin yang harus dimiliki DC pinjol sebelum tagih hutang ke rumah nasabah-freepik-

RADAR TEGAL – DC pinjol harus memiliki 5 izin berikut ini sebelum tagih hutang ke rumah nasabah. Pihak debt collector atau petugas penagih hutang tidak bisa asal-asalan datang secara tiba-tiba untuk meminta tagihan.

Izin yang harus dimiliki DC pinjol sebelum tagih hutang ke rumah ini harus ditunjukan nantinya ke nasabah terkait. Sebab, nasabah berhak untuk tidak membayar atau menolak kedatangan petugas jika belum memiliki izin-izin tersebut.

Pentingnya izin yang harus dimiliki DC pinjol sebelum tagih hutang ke rumah nasabah untuk menghindari adanya penipuan. Biasanya ada saja oknum nakal yang memanfaatkan momen ini untuk mencari keuntungan sendiri.

Berikut 5 izin yang harus dimiliki DC pinjol sebelum tagih hutang ke rumah nasabah. Namun, sebelum itu simak dulu bagaimana alur penagihan hutangnya.

Alur penagihan hutang DC pinjol

Layanan pinjaman online memiliki prosedur penagihan hutang kepada nasabahnya yang telat atau gagal bayar. Selain itu ada jangka waktu tertentu yang ditetapkan oleh penyedia layanan sampai akhirnya mendatangi rumah nasabah terkait.

BACA JUGA : 5 Pelanggaran DC Lapangan Pinjol saat Menagih Pinjaman yang Tidak Disadari Nasabah

Hal ini khususnya bagi perusahaan pinjol yang legal dan memiliki DC lapangan. Berikut ini tahapannya.

1. Pertama, DC pinjol akan menagih hutang via media komunikasi lebih dulu. Entah itu dengan mengirimi SMS atau telepon.

Pihak penyedia layanan pinjaman online akan menginformasikan soal total hutang yang menunggak. Mulai dari hutang pokok, bunga, denda, dan sebagainya termasuk tanggal jatuh tempo.

Nasabah harus segera membayar tagihan yang sudah disampaikan. Namun, jika nasabah tidak responsif maka akan diberlakukan tahapan penagihan hutang oleh DC pinjol yang selanjutnya.

2. Tahap kedua yaitu mengirim surat peringatan bayar, entah via komunikasi atau dikirim langsung ke alamat rumah. Isinya kurang lebih tentang informasi hutang dan pemberitahuan kedatangan DC pinjol.

BACA JUGA : 6 Tips Negosiasi dengan DC Lapangan Pinjol saat Tagih Pinjaman selama Ramadan

3. Terakhir, jika nasabah masih tidak responsif dan menunggak hutang, maka pinjol akan menurunkan DC lapangan untuk menagih hutang ke rumah nasabah secara langsung. Biasanya mereka akan datang sekitar 7 hari setelah nasabah jatuh tempo.

Sumber: