Kesiapan Power Of Hand Polres Tegal Disidak Polda Jateng

Kesiapan Power Of Hand Polres Tegal Disidak Polda Jateng

SIDAK - Dirsamapta Polda Jateng didampingi Kapolres Tegal memeriksa ranmor Dalmas.--

RADAR TEGAL - Kesiapan peleton Dalmas berikut alutsista inventaris yang dimiliki Polres Tegal disidak jajaran Polda Jawa Tengah (Jateng). Sidak dilakukan langsung Dirsamapta Kombes Pol. DR. Risto Samudra didampigi Kabid Humas dan Kabid TI, Rabu 28 Februari 2024.

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK menerima lansung kunjungan sidak yang dilakukan Polda Jateng tersebut. Menurutnya, sidak kali ini untuk memeriksan kesiapan peleton Dalmas beserta alutsista inventaris yang ada di Polres Tegal.

"Alutsista tersebut seperti tameng, gas mask, helm, rompi, tongkat polri, gasgun dan stun Gun beserta amunisinya dan kendaraan bermotor dinas. Selanjutnya tim supervisi melakukan pencocokan dan penelitian kondisi serta data aktual di Polres Tegal," ujarnya.

Kemudian, kata Kapolres, peleton Dalmas yang diperiksa yakni peleton Negosiator, Dalmas Awal. Serta Dalmas Inti yang telah berseragam lengkap layaknya persiapan pengamanan unjuk rasa. 

BACA JUGA: Polda Jateng Gelar Gaktiblin Personel PAM Nataru di Polres Tegal

"Dalam Sidak tersebut, Dirsamapta menyampaikan jika sidak ini merupakan perintah langsung Kapolda Jateng Pol. Drs. Ahmad Luthfi. Untuk melakukan supervisi pada pasukan POH agar dapat memahami penugasannya," cetusnya.

Menurut Kapolres, pasukan Power On Hand harus bisa digerakkan sewaktu-waktu. Untuk diterapkan pada tahap kuning dan merah sebagai upaya memberikan pelayanan pengamanan yang terbaik kepada masyarakat.

Kapolres Tegal menegaskan personel Personelnya telah rutin melaksanakan pelatihan pasukan Dalmas Power On Hand. Itu, sebagai upaya menyempurnakan berbagai formasi lapis ganti.

"Itu, sesuai dengan perkap nomor 2 tahun 2019 tentang pengendalian huru hara secara mingguan. Serta melaksanakan pembinaan fisik harian untuk menjaga kondisi pasukan tetap prima," ungkapnya. 

BACA JUGA: Polda Jateng Siagakan 22 Ribu Pasukan Kawal Kampanye Pemilu 2024 yang Akan Dimulai Besok

Dalam kunjungan dari Polda Jateng tersebut, Kasatsamapta juga menyajikan film-film dokumenter pendek. Terkait pelatihan-pelatihan yang telah dilaksanakan, upaya-upaya pemeliharaan kamtibmas.

Baik mandiri maupun sinergitas dengan instansi terkait. Serta pencapaian terciptanya situasi kondusif di Kabupaten Tegal pada penyelenggaraan pemilu 2024. (*) 

Sumber: