8 Cara Balas WA DC Pinjol, Seketika Kapok Tak Lagi Meneror

8 Cara Balas WA DC Pinjol, Seketika Kapok Tak Lagi Meneror

Ilustrasi. Cara balas wa DC pinjol --

RADAR TEGAL - Mendapatkan pesan WhatsApp dari DC pinjol memang membuat kita merasa panik dan bingung. Oleh karena itu kamu mesti tahu cara balas WA DC pinjol.

 

Dengan mengikuti beberapa cara balas WA DC pinjol ini supaya tidak diteror secara terus menerus. Selain itu pastikan juga tidak memblokir nomor tersebut jika chat memang dari DC legal.

 

Karena hal ini untuk memastikan kejelasan antara pihak peminjam dan pemberi pinjaman. Lantas bagaimana cara balas WA DC pinjol yang benar?

 

Nah jika Anda penasaran, dibawah ini akan kami jelaskan beberapa cara balas WA DC pinjol yang mesti Anda ketahui. Jangan lupa untuk membacanya hingga selesai supaya mendapatkan informasi lebih jelasnya.

BACA JUGA:Jelang Ramadhan, Ini 7 Aplikasi Pinjol Tanpa Debt Collector Lapangan yang Sudah Dipastikan Aman

Cara Balas WA DC Pinjol 

 

1.Tetap Tenang dan Jangan Panik

 

Hal pertama yang memang Anda harus lakukan yakni tetap tenang dan jangan panik berlebihan saat mendapatkan pesan WA dari DC pinjol. Selain itu jangan terbawa emosi atau takut dengan ancaman intimidasi yang mereka lakukan.

 

Jika memang Anda pernah melakukan pinjaman pinjol, Anda dapat dapat mencari tahu status hutang dan mencari solusinya untuk segera melunasi. Namun disisi lain jika Anda tidak pernah merasa melakukan pinjol, maka dapat melaporkan nomor DC yang mengganggu ke pihak OJK maupun ke kepolisian.

 

2.Pahami Hak Konsumen

 

Kenali hak dan perlindungan pada konsumen terkait pinjaman online. Pastikan debt collector melakukan penagihan sesuai dengan aturan yang berlaku dan Anda tidak diperlakukan secara melanggar hukum.

 

3.Minta Bukti Tagihan Hutang

 

Kemudian minta bukti tagihan hutang dari DC pinjol. Karena Anda berhak untuk mengetahui jumlah hutang yang dimiliki, serta bunga, denda dan jatuh tempo. Namun jika DC tidak bisa memberikan bukti tagihan hutang yang jelas dan valid, Anda dapat menolak langsung untuk membayar atau berkomunikasi dengan mereka.

 

4. Komunikasi kondisi keuangan saat ini

 

Cara balas WA DC pinjol selanjutnya Anda mesti komunikasikan secara jujur dengan kondisi keuangan saat ini. Sampaikan kesulitan yang dihadapi dan cari solusi bersama dengan pihak pinjaman online.

BACA JUGA:5 Cara Terbebas dari Utang Pinjol, Beneran Ampuh Asalkan Komitmen!

Dengan Anda terbuka dalam komunikasi ini dapat membantu mencari penyelesaian yang lebih baik.

 

5. Negosiasi jangka waktu pembayaran

 

Kemudian jika Anda mengalami telat pembayaran alangkah baiknya bicarakan dan negosiasikan untuk perpanjangan jangka waktu pembayaran. Karena jika kondisi Anda saat ini sedang mengalami kekurangan finansial bisa menjadi dasar untuk melakukan negosiasi agar pembayaran lebih sesuai dengan kemampuan.

 

6. Gunakan media tertulis

 

Kemudian cobalah gunakan media tertulis seperti surat atau email. Simpan semua bukti komunikasi Anda dengan debt collector pinjol untuk referensi di masa mendatang. Kuncinya hanya satu yakni komunikasikan dengan baik, terbuka, jujur yang bermanfaat untuk menyelesaikan masalah penagihan pinjol dengan lebih baik. Selain itu Anda mesti prioritaskan keselamatan finansial dan pahami hak serta kewajiban Anda sebagai konsumen. 

 

7. Tetap Sopan

 

Meskipun Anda merasa panik dan gelisah karena mendapatkan kiriman penagihan dari DC pinjol kuncinya adalah balas pesan tersebut dengan hormat dan sopan. Dengan Anda berkomunikasi secara baik- baik kepada debt collector maka akan menemukan solusi tepat bersama.

BACA JUGA:Pengakuan Mantan DC Pinjol, Bongkar Sisi Gelap Penawaran Dana Mudah

 

8. Jangan terlalu terbuka

 

Kemudian ini hal penting yang mesti Anda hindari yakni jangan terlalu terbuka saat memberikan informasi pribadi Anda kepada debt collector. Hindari memberikan rincian informasi pribadi Anda yang tidak berkaitan dengan hutang. Berikanlah informasi yang hanya diperlukan untuk memverifikasi hutang Anda.

 

Itulah dia beberapa cara balas WA DC pinjol yang mesti Anda ketahui. Terimakasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat (*)

Sumber: