Antisipasi Banjir di Brebes Meluas, BPBD Siapkan Masjid dan GOR untuk Pengungsi

Antisipasi Banjir di Brebes Meluas, BPBD Siapkan Masjid dan GOR untuk Pengungsi

Kepala Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes Nusy Mansur.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Antisipasi banjir di Brebes meluas, Senin 26 Februari 2024, sejumlah lokasi disiapkan untuk tempat pengungsian. Saat ini Masjid Bojong, di Desa Bojong, Kecamatan Jatibarang yang sudah diisi oleh pengungsi warga desa setempat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes Nusy Mansur mengatakan, sebagai antisipasi banjir di Brebes meluas, pihaknya menyiapkan sejumlah tempat untuk tempat pengungsian. 

“Kalau untuk saat ini sudah ada pengungsinya yakni di Masjid Bojong, Desa Bojong, Kecamatan Jatibarang,” ujarnya terkait antisipasi banjir di Brebes.

Selain Masjid Bojong, sejumlah lokasi juga disiapkan untuk warga korban banjir di Brebes yang mengungsi. Yakni, GOR Sasana Adhi Karsa.

BACA JUGA: Terdampak Banjir, 150 Tanan Bawang Merah di Brebes Terpaksa Panen Dini

Tempat tersebut disiapkan jika banjir di Brebes kota terdampak.

“Kalau sampai saat ini masih aman. Tapi, GOR kami siapkan untuk tempat pengungsiaan jika banjir meluas,” terangnya.

Selain lokasi di atas, tempat lain yang akan dijadikan lokasi tempat pengungsian jika meluas yakni SD Negeri 03 Jagalampeni. Lokasi ini untuk tempat pengungsian jika banjir di wilayah Desa Gloggong dan Jagalampeni meluas.

Kemudian, juga Masjid Nurul Hidayah Siasem telah disiapkan untuk tempat pengungsian jika banjir di Brebes meluas di wilyah Desa Siasem, Sidamulya dan Desa Wanasari. Sedangkan SMP Muhammadiyah Sawojajar jika bersiap jika banjir di Desa Kaliwlingi dan Sawojajar meluas.

BACA JUGA: Hujan Semalam, 7 Kecamatan di Brebes Terdampak Banjir

"Memang ini sebagai antisipasi kami. Dan ini untuk memudahkan tempat teman-teman yang anggota BKO (Bawah Kendali Operasi) agar tidak bingung," jelasnya.

Dia menambahkan, sebagai penanganan banjir di Brebes, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan Forkompimda. Termasuk, arahan dari Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar yang merupakan anggota BPBD untuk mengevakuasi warga yang terdampak banjir di Brebes. (*)

Sumber: