Unik Banget, Oleh-oleh Khas Tegal yang Banyak Diburu Tiap Jelang Puasa dan Lebaran

Unik Banget, Oleh-oleh Khas Tegal yang Banyak Diburu Tiap Jelang Puasa dan Lebaran

Pintu masuk dimana kita akan menemukan oleh-oleh khas Tegal--

RADAR TEGAL - Tegal, sebuah Kota Bahari yang terletak di pesisir utara Jawa Tengah, dikenal bukan hanya karena keindahan pantainya yang memukau. Namun juga karena keberagaman kuliner oleh-oleh khas Tegal dan keistimewaan produk lokalnya yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Setiap menjelang puasa dan Lebaran, oleh-oleh khas Tegal yang unik ini banyak diburu. Selain sebagai buah tangan, oleh-oleh ini bisa menjadi obat kangen pembelinya.

Tidak hanya dari warga asal Tegal saja, beberapa pendatang yang kebetulan mampir juga tidak segan untuk memborong oleh-oleh khas Tegal. Apa saja bentuknya?

Berikut adalah beberapa pilihan oleh-oleh khas Tegal yang patut kita pertimbangkan. Semua oleh-oleh ini bisa dibeli dengan harga yang terjangkau loh.

BACA JUGA: Pusat Oleh-oleh di Guci Tegal yang Wajib Didatangi Sembari Berwisata di Pemandian Air Panasnya

1. Latopia (Pia Tegal)

Pia, yang juga dikenal sebagai Latopia di Tegal, adalah semacam kue bakpia berisi kacang hijau yang menjadi oleh-oleh khas Tegal dari berbagai daerah di Indonesia. Namun, keistimewaan Latopia terletak pada teksturnya yang renyah di luar namun lembut di dalam.

Isian kacang hijau yang manis dan legit menjadi ciri khas yang tidak terlupakan. Varian isian lainnya seperti keju, susu, coklat dan rasa lainnya juga sekarang ada. 

2. Kacang Bogares

Kacang Bogares adalah varian kacang tanah khas Tegal yang dikenal karena ukurannya yang besar dan rasa gurihnya yang istimewa. Cara penggorengannya tanpa pasir membuatnya memiliki tekstur yang lebih renyah dan cita rasa yang lebih alami, membedakannya dari kacang tanah biasa.

3. Pilus Klethuk

Pilus Klethuk, camilan tradisional Tegal, terbuat dari campuran tepung beras dan gula Jawa yang diolah dengan teknik khusus. Teksturnya yang renyah dan cita rasanya yang manis membuatnya menjadi camilan yang sangat disukai oleh banyak orang. Kemasannya yang praktis menjadikannya pilihan yang tepat sebagai oleh-oleh.

BACA JUGA: 6 Makanan Khas Tegal Enak dan Lezat, Bisa Jadi Menu Alternatif Berbuka Puasa Ramadhan

4. Kerupuk Antor

Sumber: