Informasi Penting untuk Nasabah Galbay, Apakah Rupiah Cepat Masuk BI Checking? Ini Jawaban Pastinya

Informasi Penting untuk Nasabah Galbay, Apakah Rupiah Cepat Masuk BI Checking? Ini Jawaban Pastinya

Informasi Penting Untuk Nasabah Galbay, Apakah Rupiah Cepat Masuk BI Checking? Ini Jawaban Pastinya--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Masih banyak yang bertanya apakah Rupiah Cepat masuk BI Checking? Jika iya apakah dendanya lebih parah daripada aplikasi fintech lain. Berikut pembahasan lengkap bisa Anda simak di bawah ini.

Rupiah Cepat, menjadi aplikasi pinjaman online yang memiliki cukup banyak pengguna. Nah, dengan banyaknya pengguna aplikasi pinjol tersebut, muncul pertanyaan apakah Rupiah Cepat masuk BI Checking.

Pertanyaan, apakah Rupiah Cepat masuk BI Checking sendiri sudah banyak dipertanyakan oleh banyak pengguna. Namun, sampai saat ini belum ada yang pasti mengetahui apakah fintech tersebut masuk ke informasi keuangan BI Checking atau tidak.

Walaupun begitu, yang pasti pinjol ini sudah terdaftar dan terawasi oleh OJK. Nah agar tidak bingung sekaligus menjawab pertanyaan apakah Rupiah Cepat masuk BI Checking, Anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Gojek PayLater Resmi Masuk BI Checking, Nasabah Galbay Siap-siap Disanksi Ini

Mengenal apa itu BI Checking

Namun, sebelum menjawab apakah Rupiah Cepat telah masuk ke informasi keuangan BI Checking atau belum, alangkah lebih baiknya, kita mengenal sistem layanan informasi keuangan BI Checking terlebih dahulu.

Nah, BI Checking sendiri merupakan layanan informasi keuangan yang kini lebih dikenal dengan SLIK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan. Sistem tersebut dikelola dan dimiliki oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Didalam sistem layanan informasi keuangan ini juga menampung beberapa informasi penting antara lain:

  • Jumlah pembiayaan yang diterima debitur
  • Identitas debitur dan agunan
  • Pemilik dan pengurus badan usaha yang menjadi debitur
  • Kredit pinjaman macet
  • Riwayat pembayaran cicilan kredit.

BACA JUGA: Cara Menghapus Nomor Kontak di Pinjol, Amankan Data Pribadi dari Penyalahgunaan

Nantinya, informasi-informasi tersebut akan sangat berguna bagi debitur, bank, atau lembaga keuangan lainnya ketika mempertimbangkan kelayakan menerima atau memberikan program pinjaman. 

Dengan informasi ini pula debitur atau nasabah bisa mengetahi berapa skor kredit yang dimilikinya. Skor kredit dapat dijadikan sebagai tolak ukur kelayakan debitur untuk mendapatkan pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lain.

Apakah Rupiah Cepat masuk BI Checking

Lantas apakah memang benar bahwasanya Rupiah Cepat masuk kedalam sistem informasi keuangan BI Checking? Mengutip dari beberapa sumber, Rupiah Cepat sudah terdaftar dan terawasi oleh OJK.

Sumber: