Membahayakan, Tim Damkar Evakuasi Sarang Tawon Vespa dari Atap Rumah Warga di Brebes

Membahayakan, Tim Damkar Evakuasi Sarang Tawon Vespa dari Atap Rumah Warga di Brebes

EVAKUASI Petugas mengevakuasi sarang tawon Vespa Affinis berukuran diameter 90 centimeter yang berada di atap rumah warga--

RADAR TEGAL - Keberadaan sarang tawon Vespa Affinis, ditemukan dengan ukuran cukup besar di rumah warga di Dukuh krajan RT 01 RW 04 Desa negaradaha Kecamatan Bumiayu. Warga pun merasa khawatir jika tawon itu akan mengamuk dan melukai warga.

Sarang tawon Vespa Affinis yang berada di bagian atap rumah warga ini, berdiameter sekitar 90 cm x 40 cm. Warga pun akhirnya melaporkan ke petugas Pos Damkar Bumiayu untuk mengevakuasinya.

Salah seorang warga, Miftahudin, 44 tahun, mengatakan, keberadaan sarang tawon Vespa Affinis itu diketahui setelah terlihat di antara celah genteng rumah. Pertumbuhan sarang tawon ini juga cukup cepat, dimana bulan sebelumnya sarang tawon masih terlihat kecil namun ternyata melebar di balik atap rumah warga.

"Perkembangannya sangat cepat, sekarang sudah besar. Bahkan, jumlah koloni di dalam sarang tawon Vespa Affinis juga semakin banyak dan mengganggu," ungkapnya Senin 19 Februari 2024 malam.

BACA JUGA: Sarang Tawon Vespa di Halaman Kantor Kecamatan Randudongkal Pemalang Bikin Warga Ketar Ketir

Setelah mengetahui jenis tawon di dalamnya sama dengan jenis yang kerap mengakibatkan korban jiwa, pemilik rumah melapor kepada Damkar. Untuk bisa membantu melakukan pemusnahan.

"Saya dengar jenis tawon ini membahayakan. Saya sempat melihat berita ada yang sampai meninggal disengat tawon ini," ucapnya.

Mendapat laporan tersebut, pos Damkar Bumiayu menerjunkan petugas untuk menindaklanjutinya.Petugas harus menggunakan dua tangga untuk menuju lokasi sarang yang posisinya berada di bagian atap, dengan akses berada diantara dua bangunan rumah. 

Saat melakukan pemusnahan, petugas terlebih dahulu menyemprotkan cairan khusus ke sarang Tawon Vespa, kemudian membungkus sarang mereka dengan karung. Warga yang menyaksikan sontak bersembunyi di dalam rumah masing-masing agar tidak tersengat tawon.

BACA JUGA: Bahaya dan Bikin Resah Warga, Dua Sarang Tawon Vespa Dievakuasi

Koordinator Pos Damkar Bumiayu, Aidiyuwana Jatmika mengatakan, jika tawon tersebut merupakan jenis Vespa Affinis, yang meresahkan warga di beberapa daerah lain dalam akhir-akhir ini. Dia mengatakan evakuasi sengaja dilakukan malam hari karena tawon jenis vespa init lebih agresif ketika banyak cahaya terutama pada siang hari.

"Tawon yang dievakuasi memiliki bentuk lazim tawon pada umumnya. Adapun ciri tawon vespa terlihat dari cincin kuning yang melingkar di bagian tengah tubuhnya," ujarnya.

Diungkapkannya, keberadaan sarang tawon vespa Affinis, menjadi perhatian, terlebih dengan beberapa kejadian di wilayah lain. Sehingga begitu mendapat laporan, pihaknya berupaya turun langsung ke lokasi yang dimaksud.

"Kami juga mengimbau kepada warga jika menemukan sarang tawon vespa Affinis, untuk melaporkan kepada damkar. Mengingat sarang tawon itu berbahaya, nanti pihak damkar akan menangani," pungkasnya. (*)

Sumber: