7 Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin, Ternyata Mudah Banget dan Tak Perlu Panggil Teknisi

7 Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin, Ternyata Mudah Banget dan Tak Perlu Panggil Teknisi

Ilustrasi. Cara mengatasi kulkas tidak dingin --

RADAR TEGAL - Kulkas saat ini menjadi barang elektronik yang umum dimiliki setiap rumah. Namun terkadang sering muncul permasalahan kulkas yang tidak dingin. Lalu bagaimana cara mengatasi kulkas tidak dingin?

 

Kalau memang permasalahan ini terjadi pada Anda alangkah baiknya mengetahui cara mengatasi kulkas tidak dingin. Ternyata ini sangat mudah dilakukan tanpa harus memanggil teknisi atau tidak harus ganti kulkas yang baru.

 

Seperti kita tahu kulkas ini berfungsi untuk menyimpan bahan makanan agar tetap segar dan awet untuk beberapa hari ke depan. Lalu bagaimana cara mengatasi kulkas tidak dingin ya?

 

Jika kulkas tidak dingin maka bahan makanan pastinya akan menjadi kurang segar dan cepat busuk. Berikut ini cara mengatasi kulkas tidak dingin beserta solusinya yang mesti Anda ketahui.

BACA JUGA: Rekomendasi Kulkas Mini untuk Anak Kos, Harga Mulai Rp1 Jutaan Tetap Hemat Listrik

1. Periksa steker listrik

 

Kemungkinan besar steker listrik tidak berfungsi dengan baik sesuai kebutuhan. Sebelum berpikir untuk memanggil teknisi, periksa apakah sistem daya berfungsi dengan benar.

 

Sambungan yang longgar atau soket yang rusak mungkin menjadi penyebab suhu menjadi tidak normal. Perbaikan steker atau kabel daya agar suhu kulkas menjadi dingin seperti semula.

 

2. Sesuai thermostat

 

Termostat yang tidak berfungsi atau tidak pada posisinya mungkin menjadi penyebab kulkas anda tidak menjadi dingin. Ada kemungkinan terjadi gangguan pada termostat saat membersihkan.

 

Jadi yang harus Anda lakukan adalah mengembalikan pengaturan thermostat ke normal dan kinerja optimal akan kembali.

 

3. Periksa gasket pintu

 

Kemudian yang jarang disadari kulkas Anda tidak dingin yakni gasket pintu unit tidak berada posisi yang tepat. Hal ini dapat menghambat suhu dingin pada kulkas.

 

Periksa terlebih dahulu apakah gasket sudah terpasang dengan benar dan ada kotoran atau tidak. Gasket karet bisa melengkung, berjamur atau kotor sehingga tidak berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:Keunggulan Kulkas 2 Pintu Polytron, Salah Satunya Muat 260 Liter Penyimpanan

Coba bersihkan gasket dengan larutan pemutih maupun lap bersih, jika adanya kerusakan yang terlihat maka pertimbangkan untuk menggantinya.

 

4. Terlalu banyak isi di dalam kulkas

 

Hal ini terkadang terlihat sepele padahal berpengaruh ke kulkas menjadi tidak dingin. Untuk performa optimal, sekitar 2/3 ruangnya harus kosong. 

 

Dengan banyaknya isi di dalam kulkas tentunya akan menurunkan kinerjanya. Cobalah perlahan untuk menguranginya.

 

5. Periksa saklar pada pintu

 

Apakah kulkas Anda tidak mendinginkan isinya sebagaimana mestinya? Masalahnya mungkin ada di saklar pintu. Beberapa kulkas berhenti dingin ketika pintu terbuka secara lama atau adanya kerusakan pada saklarnya.

 

6. Periksa mekanisme di bawahnya

 

Jika kulkas Anda tidak dingin salah satu bagian kipas, koil dan kompresor kemungkinan kotor atau tidak pada tempatnya. Bersihkan komponen dengan benar karena sangat penting dilakukan supaya kulkas dapat bekerja maksimal.

 

Saat membersihkan, cabut kabel kulkas dari stop kontak dan bersihkan komponen secara perlahan dan cobalah cek apakah sudah berfungsi normal kembali atau tidak.

BACA JUGA: 12 Kesalahan dalam Menggunakan Kulkas yang Banyak Ditemui, Cek Apa Kamu Sering melakukannya?

Saat Anda membersihkan komponen gunakan penyedot debu atau sikat lembut untuk menghilangkan kotoran, jangan gunakan bahan kimia atau bahan kerja yang dapat merusak komponen.

 

7. Panggil teknisi

 

Yang terakhir cara mengatasi kulkas tidak dingin jika Anda mencoba semua perbaikan beberapa diatas dan kulkas masih belum dingin, Anda harus menghubungi teknisi profesional untuk memperbaikinya.

 

Nah ternyata itulah beberapa cara mengatasi kulkas tidak dingin dan solusi terbaiknya. Dengan begitu Anda lebih paham yah. Semoga artikel ini bermanfaat. (*)

Sumber: