Sederet Risiko Gunakan Uang Pinjaman Bank untuk Investasi, Hati-hati Justru Hutang Numpuk

Sederet Risiko Gunakan Uang Pinjaman Bank untuk Investasi, Hati-hati Justru Hutang Numpuk

Sederet risiko gunakan uang pinjaman bank untuk investasi-freepik-

Tiap investasi yang dipilih menyimpan risikonya tersendiri. Maka dari itu penting untuk bisa membaca risiko yang terjadi tiap keputusan yang diambil.

BACA JUGA : Siap Banjir Cuan! Berikut 5 Strategi Jitu Investasi Emas untuk para Pemula

4. Leverage

Kerugian investasi menggunakan pinjaman bank berikutnya adalah leverage yang bisa memperbesar rugi nantinya. Jadi leverage tidak hanya memberikan keuntungan namun juga bisa membuat kehilangan banyak uang melebihi nominal pinjaman bank yang diambil.

5. Tekanan finansial

Gagalnya investasi ditambah hutang pinjaman di bank yang menumpuk tentu bisa memberikan dampak buruk kepada penggunanya, seperti tekanan mental. Hal ini bisa terjadi berkepanjangan jika tidak segera mencari solusinya.

Tips investasi yang aman untuk pemula

Ada banyak jenis aset investasi yang bisa diambil untuk pemula. Mulai dari emas, obligasi, saham, reksadana, sampai properti. 

Namun, apapun jenis investasi yang ingin diambil harus dipelajari lebih dulu seluk beluknya baik itu peluang maupun risiko yang bisa terjadi. Sebab, yang namanya investasi sifatnya berfluktuasi alias tidak tetap yang bisa naik dan turun nilainya.

BACA JUGA : 5 Jenis Investasi dan Bisnis Cepat Kaya yang Wajib Anak Muda Coba, Nomer 4 BIkin Kenyang

Alangkah baiknya menggunakan uang dari pendapatan sendiri dibanding mengambil pinjaman kredit untuk berinvestasi. Hal ini untuk menghindari adanya biaya tambahan seperti bunga, denda, dan risiko lainnya.

Anda juga bisa minta solusi kepada ahli keuangan atau seseorang yang ahli di bidang investasi agar bisa membantu membuat keputusan. Jangan buru-buru atau tergiur dengan hasil investasi instan yang besar karena tidak ada namanya investasi yang selalu untung.

Penutup

Mengambil pinjaman uang di bank atau platform lainnya untuk berinvestasi memiliki risiko tertentu, terutama bisa menambah hutang dalam jangka panjang. Pertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan mengambil investasi dan sesuaikanlah dengan kemampuan.

Sumber: