Jadi Warisan Budaya, Ini 4 Keunikan Nasi Grombyang Khas Pemalang yang Legendaris

Jadi Warisan Budaya, Ini 4 Keunikan Nasi Grombyang Khas Pemalang yang Legendaris

4 keunikan Nasi Grombyang khas Pemalang-Tangkapan layar YouTube/Dyodoran-

RADAR TEGAL – Nasi Grombyang khas Pemalang memiliki 4 keunikan yang mungkin jarang diketahui orang-orang terutama masyarakat luar daerah. Nasi legendaris ini tidak hanya enak, namun menyimpan cerita unik.

Keunikan Nasi Grombyang khas Pemalang ini salah satunya karena merupakan warisan nenek moyang. Tidak hanya itu, nasi legendaris Pemalang ini jadi salah satu warisan budaya tak benda Indonesia.

Dari segi namanya juga termasuk salah satu keunikan Nasi Grombyang khas Pemalang. Apalagi orang-orang yang bukan merupakan orang Pemalang akan asing dengan maknanya.

Berikut 4 keunikan Nasi Grombyang khas Pemalang yang bisa Anda ketahui. Simak ulasannya sampai akhir.

4 Keunikan Nasi Grombyang khas Pemalang

Nasi Grombyang bisa jadi pilihan menu kuliner ketika Anda berlibur ke Pemalang. Eksistensinya yang kian merebak membuat kuliner satu ini banyak diminati. Dibalik menu yang enak, ada beberapa hal menarik tentang Nasi Grombyang Pemalang ini.

BACA JUGA: Bikin Ngakak! 18 Nama Desa Paling Unik di Indonesia, Salah Satunya Ada Desa Cawet di Pemalang, Jateng

1. Nama yang unik

Fakta menarik tentang Nasi Grombyang ini pertama bisa dilihat dari namanya. Grombyang memiliki arti yaitu mengapung di permukaan atau bergoyang-goyang dalam bahasa Pemalang. 

Mengapa begitu? Sebab saat penyajian kuliner ini, komposisi antara kuah Grombyang lebih banyak dibanding nasinya.

Penyajian ini membuat nasi akan mengapung dan bergoyang-goyang di atas kuah. Nama nasi ini tidak bisa didapatkan di kota lain, itulah mengapa nama Grombyang begitu ikonik dan unik.

2. Isi menu

Hal unik tentang Nasi Grombyang Pemalang berikutnya adalah dari bahan utamanya. Nasi ini menggunakan daging kerbau yang diiris dalam ukuran besar-besar.

Sumber: