Mampir Tegal ? Ini Makanan Tegal yang Enak dan Patut Anda Coba, Dijamin Bikin Nagih

Mampir Tegal ? Ini Makanan Tegal yang Enak dan Patut Anda Coba, Dijamin Bikin Nagih

--

3. Nasi Lengko

merupakan makanan khas dari Tegal dan daerah sekitarnya. Makanan ini terkenal dengan khas penyajiannya, yaitu nasi putih disajikan di atas sebuah piring, kemudian ditambahkan tahu goreng yang dipotong kecil-kecil di atasnya, setelah itu diberi tauge dan timun iris, terakhir semua bahan tersebut disiram dengan bumbu kacang dan kecap manis.

Untuk mempercantik penampilannya, biasanya di atas nasi lengko ditaburi daun kucai yang dicincang halus dan juga abwang goreng yang renyah. Kalau ingin mencicip nasi lengko versi Tegal, bisa mencarinya dengan mudah di warung-warung Tegal (Warteg).

Warteg wajib menyediakan menu khas Tegal seperti nasi lengko dan nasi ponggol. Sebelum disantap, nasi lengko sebaiknya diaduk-aduk dulu supaya tercampur bumbu kacangnya.

4. Rujak Teplak

Rujak adalah olahan bermacam-macam buah yang dicampur dengan sambal kacang dan gula merah sehingga rasa yang dihasilkan adalah segar, asam, gurih dan pedas. Namun berbeda dengan rujak khas Kota Bahari, Tegal, Jawa Tengah yang dikenal dengan nama Rujak Teplak.

Berbeda dengan sambal rujak pada umumnya yang menggunakan kacang dan gula merah, sambal rujak teplak menggunakan campuran singkong kukus, cabe merah kukus, cabe rawit kukus, terasi, asam Jawa, gula Jawa dan garam yang dihaluskan bersama-sama.

Biasanya jajanan khas Tegal ini disantap menggunakan daun pisang sebagai alas atau piring. Guna menambah kenikmatan, rujak teplak biasanya disantap dengan aneka gorengan dan juga krupuk mie. Dengan isian sayur yang lengkap, rujak teplak dijadikan sebagai jajanan yang menyehatkan.

5. Sate Kambing

Bagi pecinta sate kambing, Anda perlu  mencoba sate kambing muda yang sangat terkenal di kota Bahari ini, ya. Karena, satu kambing muda ala Tegal ini mempunyai ciri khas pemilihan kambing berusia di bawah lima bulan (balibul) atau bawah tiga bulan (batibul) sehingga dagingnya sangat empuk.

Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin mencoba sate kambing muda Tegal, dapat langsung mengunjungi salah satu yang terkenal yakni Sate Kambing Muda yang terletak di Jalan  Sultan  Agung 12, Kejambon, Tegal Timur, Kota Tegal. Beberapa warung sate juga bertebaran di sekitar Exit Tol Tegal, Adiwerna Kabupaten Tegal.

6.Glotak


Makanan khas Tegal Glotak merupakan olahan dari gembus atau sejenis oncom yang dimasak dengan bumbu khasnya. Makanan ini mempunyai cita rasa yang pedas karena disajikan dengan kaldu dan cabai.
Nah, supaya lebih enak dan nikmat, disrankan untuk menyantap Glotak ini dengan kerupuk pedas, ya.

7. Soto Tauco

Sumber: