8 Penyebab Debt Collector Pinjol Tidak Menagih ke Rumah, Meskipun Nasabah Galbay Bertahun- tahun

8 Penyebab Debt Collector Pinjol Tidak Menagih ke Rumah, Meskipun Nasabah Galbay Bertahun- tahun

Penyebab debt collector pinjol tidak menagih ke rumah --

RADAR TEGAL - Artikel kali ini akan membahas penyebab debt collector pinjol tidak menagih ke rumah. Meskipun nasabah tersebut galbay hingga bertahun- tahun.

 

Kedatangan debt collector pinjol datang ke rumah bagi masyarakat yang gagal bayar atau galbay tentu membuat resah dan gelisah. Namun, ternyata ada penyebab debt collector pinjol tidak menagih ke rumah.

 

Penyebab debt collector pinjol tidak menagih ke rumah ini tentunya menjadi kabar menyenangkan untuk nasabah galbay yang menunggak hingga bertahun-tahun. Mendengar ini mungkin nasabah galbay sedikit lega ya.

 

Namun, apa saja penyebab debt collector pinjol tidak menagih ke rumah? Berikut ini daftar lengkapnya.

 

BACA JUGA: Cara Menghapus Akses Data Aplikasi Pinjol, Cegah Pencurian Informasi Data Pribadi

1. Karena Peraturan Perusahaan

Untuk penyebab debt collector pinjol tidak menagih ke rumah pertama karena beberapa perusahaan memiliki kebijakan tentang tidak adanya debt collector lapangan. Oleh karena itu yang menjadi penyebab kenapa tidak ada debt collector yang datang ke rumah Anda meskipun posisinya sedang galbay.

 

2. Meminimalisir biaya operasional

 

Seperti kita ketahui pengguna pinjol saat ini tentunya menyebar seluruh warga di Indonesia. Oleh karena itu jika perusahaan mengirimkan debt collector untuk menagih ke rumah nasabah galbay tentunya membutuhkan lagi biaya operasional tambahan.

 

Beberapa perusahaan pinjol lebih memilih tidak mengirimkan DC ke rumah. Hal ini menjadi salah satu penyebab debt collector pinjol tidak menagih ke rumah.

 

3. Menggunakan sistem penagihan online

 

Dibandingkan debt collector datang ke rumah nasabah dengan menambahkan biaya operasional, perusahaan akhirnya mengambil jalan pintas dengan menagih menggunakan sistem penagihan online. Mereka akan bekerja dengan cara mengirimkan pesan, telepon, maupun email secara berkali-kali kepada nasabah galbay untuk menekankan agar segera untuk membayar tagihannya tersebut.

BACA JUGA: Trauma Teror? Ini 7 Rekomendasi Pinjol Tanpa DC Lapangan Resmi OJK

4. Mengurangi gesekan panas di masyarakat

 

Kemudian penyebab debt collector pinjol tidak menagih ke rumah karena mengurangi gesekan di masyarakat. Hal ini biasanya karena dari pihak DC maupun nasabah tidak mau kooperatif.

 

5. Pinjaman dalam masa tenggang

 

Pinjol pada umumnya memiliki massa dalam masa tenggang dan nasabah diberi rentang waktu untuk membayar cicilan. Oleh karena itu jika nasabah dikategorikan dalam masa tenggang maka tidak akan ada debt collector ke rumah.

 

6. Pinjaman sudah dibayar lunas

 

Jika Anda memiliki tagihan pada aplikasi pinjol dan sudah waktunya jatuh tempo, langsung segera membayar tagihan supaya debt collector tidak menghubungi anda maupun datang ke rumah untuk menagih.

 

7. Debt collector hanya ada di kota besar

 

Perusahaan pinjol legal sebagian memiliki tim debt collector lapangan yang ditugaskan menagih utang ke nasabah dengan aturan yang telah ditetapkan oleh OJK. Namun, kebanyakan debt collector hanya beroperasi di kota besar saja.

BACA JUGA: Bisa Cair Rp30 Juta? Berikut Pinjol tanpa Verifikasi Wajah Cepat Cair dan Bunga Rendah, Bisa Cek di Sini

8. Perusahaan pinjol menghindari resiko

 

Maraknya kabar debt collector lapangan melakukan penagihan utang kepada nasabah dengan tidak etis dan kasar, membuat pihak perusahaan penjual akhirnya lebih memilih tidak menggunakan debt collector pinjol lapangan untuk menghindari resiko hukum.

 

Meskipun Anda sudah mengetahui beberapa penyebab debt collector pinjol tidak menagih ke rumah, bukan berarti Anda tidak membayar tagihan yang semestinya harus dibayarkan. Karena jika Anda lari dari tanggung jawab tersebut sudah dipastikan nama Anda masuk ke dalam dalam daftar hitam dan nilai skor kredit Anda jelek.

 

Jika nilai skor kredit Anda jelek sudah dipastikan akan kesulitan untuk mengambil pinjaman di aplikasi pinjol lainnya maupun di lembaga keuangan.

Nah itulah penjelasan penyebab debt collector pinjol tidak menagih ke rumah. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: