5 Cara Menghapus Data Pribadi di Pinjaman Online Saat Galbay Pinjol, Tidak Susah dan Bisa Langsung Dicoba

5 Cara Menghapus Data Pribadi di Pinjaman Online Saat Galbay Pinjol, Tidak Susah dan Bisa Langsung Dicoba

Ilustrasi cara menghapus data pribadi di pinjaman online.--

Factory reset atau menghapus semua data di handphone ke mode pabrik bisa jadi langkah tepat untuk menghilangkan data pribadi di pinjaman online. Nantinya hp yang dimiliki akan dikembalikan ke mode pabrik dan semua data yang tersimpan akan dihapus semua.

Data yang dihapus termasuk untuk data pinjol, telepon, galeri, bahkan semua aplikasi yang ada di hp akan terhapus. Sehingga jika sudah siap untuk melakukan mode pabrik, ada baiknya untuk memindahkan dahulu data penting ke laptop atau lainnya.

3. Media Sosial

Media sosial adalah salah satu aplikasi untuk menyebarkan informasi secara cepat dengan jangkauan yang jauh. Sayangnya masih banyak orang yang menggunakan media sosial untuk menyebarkan data diri baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

BACA JUGA:3 Pinjaman Online Tanpa KTP dan Verifikasi Wajah, Limit Tinggi Sampai Rp100 Juta dengan Penuhi Syarat

Oleh sebab itu cobalah bijak dalam bermedia sosial agar keamanan data pribadi semakin terjamin. Selain itu jangan mencantumkan nomor telepon, alamat, email, dan data penting lainnya untuk disebarkan di medsos.

4. OJK

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi OJK untuk menghapus data pribadi di pinjol agar tidak disalahgunakan. Jelaskan alasan mengapa data pribadi ingin di hapus dari aplikasi pinjaman online yang sudah digunakan.

Selain itu, untuk meminta data di hapus dari pinjol mungkin ketentuannya juga mengikuti aturan dari pihak perusahaan pinjaman. Tapi jika terjadi penyebaran data bisa langsung melapor OJK dengan laporan penyalahgunaan data yang sudah merugikan dan bisa membuat pinjol ditegur karena melakukan hal tersebut.

5. Laporkan ke Pihak Berwajib

Segera laporkan ke pihak berwajib jika memang benar terjadi penyebaran data yang dilakukan oleh oknum atau perusahaan pinjol yang tidak bertanggung jawab. Sertakan bukti untuk laporan dan bisa diproses untuk peringatan kepada perusahaan yang bersangkutan.

Demikian cara menghapus data pribadi di pinjaman online saat galbay pinjol agar tidak disalahgunakan DC pinjol yang berbahaya. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: