Bisa Pakai HP, Begini 2 Cara Menghapus Data di Pinjol Legal dan Ilegal dengan Mudah dan Aman

Bisa Pakai HP, Begini 2 Cara Menghapus Data di Pinjol Legal dan Ilegal dengan Mudah dan Aman

Ilustrasi cara menghapus data di pinjol.--

RADAR TEGAL - Bagi nasabah yang sudah galbay, mungkin 2 cara menghapus data di pinjol legal dan ilegal ini bisa membantu untuk memudahkan nasabah mengamankan data pribadi. Bahkan cara ini bisa dilakukan hanya lewat hp saja dengan mudah dan cepat tanpa perlu repot lagi.

Terlebih 2 cara menghapus data di pinjol legal dan ilegal ini perlu dipahami untuk pengguna pinjaman online agar tidak melakukan kesalahan saat mengajukan dana tunai. Sebab bisa jadi data pribadi kesebar dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu 2 cara menghapus data di pinjol legal dan ilegal bisa memudahkan untuk penutupan akun dan tidak menggunakan aplikasi pinjaman online tersebut. Sehingga bisa mengatur keuangan secara bijak dan tenang dalam kehidupan.

2 cara menghapus data di pinjol legal dan ilegal ini harus mengikuti syarat dan ketentuan dari pihak aplikasi. Maka usahakan sebelum pengajuan pinjaman sudah melihat bagaimana ketentuan data pribadi yang sudah terdaftar di aplikasi.

BACA JUGA: 3 Pinjaman Online Tanpa Verifikasi Wajah dan Limit Tinggi Sampai Rp20 Juta Terbaru dengan Pengajuan Mudah

Cegah penyebaran data pribadi 

Jika dalam aplikasi masih bisa dicoba untuk dihapus, segera lakukan agar tidak ada penyebaran data pribadi yang disalahgunakan. Terlebih jika terjebak dalam pinjaman online ilegal yang berbahaya dan bisa mengambil data pribadi di aplikasi maupun yang tersimpan di hp.

Sehingga untuk mencegah penggunaan pinjol ilegal adalah dengan melihat apakah nama aplikasi atau perusahaan ada di OJK dan AFPI. Setelah itu, jangan sampai tergoda dengan promo yang menarik di awal untuk menggiurkan masyarakat menggunakan iklan di media sosial.

Sebab jika sudah terjebak di pinjol ilegal akan berbahaya dan bisa akses segalanya karena diawal sudah diberikan izin untuk melihat banyak dokumen yang tidak disadari oleh pengguna. Jika pinjol meminta izin selain mic, camera, dan kontak maka jangan dilanjutkan dan segera hapus karena tanda tersebut adalah pinjol ilegal.

Tapi jangan khawatir dan cobalah cara menghapus data diri, agar mereka tidak bisa mengakses data pengguna galbay lagi. Sehingga nasabah pun akan tenang dan beraktivitas nyaman karena data pribadi sudah menghilang di aplikasi pinjaman online.

BACA JUGA: Stop! Jangan Gunakan 17 Pinjol Legal yang Ada DC Lapangan 2024 Ini untuk Galbay, Debt Collector Tersebar Luas

Cara menghapus data di pinjol legal dan ilegal

1. Factory Reset dan Hapus Aplikasi

Cara yang bisa dilakukan adalah melakukan factory reset untuk handphone yang dimiliki untuk menghapus semua data yang tersimpan termasuk aplikasi yang pernah di download. Factory reset akan menghapus data nasabah dengan cara ke setelan pabrik awal sehingga semua data dan pengaturan pun berubah kembali ke awal saat membeli hp.

Sumber: